News

Arus mudik ke Simeulue mulai mengalami peningkatan

Arus mudik ke Sinabang, Pulau Simeulue, Provinsi Aceh dari Pelabuhan Calang, Kabupaten Aceh Jaya kini mulai mengalami peningkatan dari biasanya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.
pelayaran kapal feri dari Simeulue dihentikan
KMP Teluk Sinabang yang melayani pelayaran dari Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat menuju ke Pulau Simeulue, Provinsi Aceh, atau sebaliknya. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

POPULARITAS.COM – Arus mudik ke Sinabang, Pulau Simeulue, Provinsi Aceh dari Pelabuhan Calang, Kabupaten Aceh Jaya kini mulai mengalami peningkatan dari biasanya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Peningkatan jumlah penumpang yang berangkat ini berasal dari kalangan mahasiswa,” kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Singkil, Yeffri Hendri, dikutip dari laman Antara, Minggu (24/4/2022).

Ia menjelaskan, jumlah penumpang yang mengisi Kapal Aceh Hebat 1 dari Pelabuhan Calang, Kabupaten Aceh Jaya menuju ke Pelabuhan Sinabang, Kabupaten Aceh Singkil mencapai 300-an orang.

Padahal di hari biasanya, jumlah penumpang yang berangkat menggunakan kapal penyeberangan tersebut mencapai sekitar 100-an orang saja di setiap kapal yang berlayar.

Meski sudah mulai mengalami peningkatan jumlah penumpang, namun untuk empat pelayaran lainnya hingga kini masih normal, dengan keterisian penumpang di setiap pelayaran mencapai 100-an orang di setiap pelayaran.

Guna memudahkan masyarakat yang melakukan mudik Lebaran, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Singkil mengoperasikan empat jenis kapal dengan tujuan diantaranya Kapal Aceh Hebat 1 melayani pelayaran dari Pelabuhan Calang, Kabupaten Aceh Jaya menuju ke Sinabang, Kabupaten Simeulue, Aceh atau sebaliknya.

Kemudian KMP Teluk Sinabang melayani penyeberangan dari Pelabuhan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat menuju ke Sinabang, Kabupaten Simeulue dan sebaliknya.

KMP Labuhan Haji melayani pelayaran dari Pelabuhan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan menuju Sinabang, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh dan sebaliknya.

Serta kemudian Kapal Aceh Hebat 2 yang melayani pelayaran dari Pelabuhan Aceh Singkil menuju ke wilayah kepulauan Pulau Banyak, Aceh Singkil dan Sinabang Pulau Simeulue.

Kemudian pelayaran penyeberangan juga dilayani dari Sinabang, Kabupaten Simeulue menuju ke Pulau Banyak dan ke Singkil, Kabupaten Aceh Singkil menggunakan Kapal Aceh Hebat 2.

Shares: