Aroma Durian Monthong di Pondok Durian Aceh Jaktarasa

LHOKSEUMAWE (popularitas.com) – Bagi konsumen pecinta durian harga tak menjadi suatu hambatan untuk menikmati buah durian manis legit aromanya yang menyengat yakni durian monthong.

Tak perlu khawatir lagi buah durian monthong itu hanya dijumpai daerah Medan. Namun sekarang masyarakat Aceh, khusunya warga Lhokseumawe dan Aceh Utara bisa menikmati durian monthong di Jalan Medan Banda Aceh, tepatnya di Desa Meunasah Blang Kandang, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe.

Nama durian monthong ini terbilang popular dikalanagan masyarakat dan tak jarang pencinta durian sangat menggemari rasa dari buah berduri itu. Bagi penggemar durian tak usah bingung mencari tempatnya, karena pemiliknya memberi nama pondok tersebut Durian Aceh Ja’tarasa.

Menurut pedagang durian, Saifulah Nurdin (56), durian montong itu sangat banyak penggemarnya karena buahnya besar dan daging duriannya tebal, bobotnya mencapai 2 kilogram sampai 4 kilogaram.

“Selama enam tahun saya jualan, paling banyak peminatnya durian monthong, selain itu saya juga jual durian musangking, kane, duri hitam, buah raja,” ujar Saifulah, Senin (4/7/2020).

Untuk buah spesial itu dijual perkilo bukan perbuah, satu kilogram harganya dibandrol hanya Rp 60 ribu perkilogram. Harganya terbilang murah karena di datangkan di daerah sendiri Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, biasa dikenal daerah Buloh.

“Saya mulai jualan dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 12.00 malam, selain bawa pulang sebagian orang juga memilih makan ditempat, jika ingin makan ditempat juga tersedia pulut, dalam satu durian habis terjual mencapai setengah ton, dan itu campur- capur karena tergantung buah durian jatuh dari pohonnya,” katanya.

Seorang pelanggan Pondok Durian Aceh Jak’tarasa Sarina (28) warga Lhokseumawe mengatakan, apabila sudah memasuki musim duren dirinya dan temannya sering ke pondok ini hanya karena ingin mencari durian monthong.

“Segala macam durian saya suka apalagi durian monthong, buahnya besar, isi dagingnya tebal, rasanya manis legit dan warnanya kekuningan, apalagi wanginya sangat menyengat hal itu sangat mengunggah selera,” kata Sarina.

kata dia, makan satu durian yang berukuran kecil saja sangat mengenyangkan, apalagi di orang Aceh sangat menggemari makan durian dilengkapi pulut panggang.

“Rasanya maknyus bikin ketagihan,” pungkasnya.[acl]

Comments
Loading...