APBA 2023 diperkirakan Hanya Rp9,6 triliun

POPULARITAS.COM – Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2023 diperkirakan hanya sebesar Rp9,6 triliun. Hal tersebut terlihat dari rancangan KUA-PPAS yang diajukan esekutif saat rapat paripurna di DPR Aceh, Jumat (17/7/2022).

Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, saat rapat itu mengatakan, pihaknya menyampaikan KUA PPAS untuk tahun anggaran 2023 sebagaimana tertuang dalam Pergub Aceh nomor 22 tahun 2022 tentang RKP 2023.

“Dalam rancangan KUA PPAS tahun 2023, pemerintah Aceh rencanakan pendapatan Rp9,6 triliun,” katanya.

Lewat usulan itu, sambung Achmad Marzuki, pihaknya prioritas pada penguatan kemandirian pangan, ketahanan ekonomi dan produktif, dan kompetitif, serta sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Selanjutnya, memperkuat infrastruktur untuk pengembangan ekonomi, dan mendukung pelayanan dasar yang terintegrasi dan berwawasan lingkungan serta penguatan tata kelola pemerintahan dan keistimewaan Aceh.

“Poin-poin itu yang akan jadi prioritas penting pembangunan 2023,” kata Pj Gubernur Aceh.

Sementara itu, Ketua DPR Aceh Saiful Bahri menegaskan, nantinya kesepakatan KUA PPA antara legislatif dan eksekutif akan menjadi kebijakan umum bagi seluruh perangkat pemerintah Aceh dalam menyusun dokumen APBA 2023.

Pihaknya berharap, KUA PPA yang akan disahkan, dapat menjadi pedoman bersama antara DPR Aceh dan Pemerintah Aceh dalam menyusuan RKA SKPA untuk tahun anggaran 2023.

 

Editor : Hendro Saky

Kawasan Industri Aceh (KIA) Ladong – Disperindag Aceh
Comments
Loading...