News

Antisipasi Rohingya, Imigrasi Gelar Operasi Gabungan di Perairan Sabang

Ilustrasi. (detik)

POPULARITAS.COM – Imigrasi Sabang melakukan operasi gabungan di Perairan Sabang. Operasi ini melibatkan unsur aparatur kecamatan, Pos Angkatan Laut, Koramil, dan Kepolisian Sektor dari dua kecamatan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang, Hanton Hazali menyebutkan, operasi tersebut digelar pada Senin (14/6/2021). Operasi ini dimulai dari Pelabuhan CT 2 Sabang menuju ke arah Sumur Tiga, dilanjutkan ke Titik KM 0 dan berakhir di Pulau Rubiah, Sabang.

“Operasi gabungan ini bertujuan untuk mengawasi wilayah perairan Selat Melaka yang merupakan gerbang pertama di ujung barat Indonesia,” kata Hanton dalam keterangannya, Rabu (16/6/2021).

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Imigrasi Kelas II TPI Sabang, Fachryan menegaskan bahwa operasi ini merupakan antisipasi dari kedatangan pengungsi Rohingya di Aceh Timur beberapa saat lalu.

Apalagi, kata Fachryan, provinsi paling ujung barat Indonesia itu menjadi tempat singgahan favorit bagi pengungsi dari Rohingya dalam beberapa tahun terakhir.

“Operasi gabungan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pelanggaran dan juga sebagai langkah pengawasan bersama di wilayah laut. Sebagaimana kita ketahui, beberapa waktu yang lalu, telah masuk 81 pengungsi Rohingya di wilayah Aceh Timur, jadi harapannya kegiatan ini dapat mengantisipasi hal tersebut terjadi di wilayah Sabang,” katanya.

Ia menambahkan, dalam operasi tersebut, tim melakukan pemeriksaan terhadap yacht SY Argo yang diawaki oleh WNA berkewarganegaraan Republik Ceko. Setelah pemeriksaan, tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian oleh warga negara asing tersebut.

“Dari hasil pemeriksaan, yang bersangkutan tidak melanggar,” sebut Fachryan.

Editor: dani

Shares: