Anggota DPD RI Asal Aceh Tolak Impor Beras

POPULARITAS.COM – Anggota DPD RI asal pemilihan Aceh, Sudirman, atau yg karib dikenal luas masyarakat di provinsi ini dengan sebutan Haji Uma, menegaskan sikapnya menolak rencana Pemerintah, yang akan melakukan impor berasa sebanyak 500 ribu ton.

Kepada media ini, Sabtu (20/1), Haji Uma menerangkan, dari hasil rapat pihaknya dengan Kementrian Pertanian dan pihak Bulog, saat ini ketersediaan cadangan beras nasional mencapai 900 ribu ton. Dan dengan itu, tambahnya, artinya kebutuhan beras untuk 6 bulan kedepan akan dapat dipenuhi. “Dengan cadangan sebanyak itu, kebutuhan beras 6 bulan aman,” katanya.

Apalagi, sambung Haji Uma, dalam waktu tidak lama lagi, hampir di seluruh wilayah Indonesia akan terjadi panen raya, dan ini semakin membuat posisi cadangan beras nasional mengalami surplus.

Karena itu, kebijakan Pemerintah melakukan impor beras harus kita tolak, apalagi, terangnya, melalui APBN setiap tahun sektor pertanian memperoleh kucuran dana triliunan rupiah, sehingga jika impor dilakukan, jelas ini akan berpengaruh besar terhadap harga hasil gabah petani.

Bayangkan saja, ungkapnya, Pemerintah telah mengalokasi anggaran untuk cetak sawah baru senilai Rp1,18 triliun, dan subsidi pupuk hingga Rp48 triliun, namun tetap saja ada impor beras. “Jadi apa manfaat kucuran dana triliunan itu jika Indonesia masih impor,” tanya Haji Uma.

Reporter : Hendro Saky

-ads-

-ads-

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.