News

AMM Aksi Mogok Makan, Dahlan Harap Ada Sikap Politik DPRA

Peserta Aksi Mogok Makan yang Tumbang Dirawat di RSUZA
Tiga pemuda yang mengatasnamakan Aneuk Muda Menggugat (AMM) menggelar aksi mogok makan di depan gedung DPR Aceh, Banda Aceh, Senin (30/11/2020). (Muhammad Fadhil/popularitas.com)

– Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Dahlan Jamaluddin berharap lembaga yang ia pimpin dapat mengeluarkan sebuah sikap politik dalam menanggapi tuntutan Aneuk Muda Menggugat (AMM) yang tengah menggelar aksi di gedung DPR setempat, Senin (30/11/2020).

“Kami DPRA sebagai representasi masyarakat Aceh yang saat ini ada sembilan fraksi di DPRA akan mendiskusikan dan berharap ada sikap politik dari lembaga DPRA dengan segenap fraksi yang ada terkait perjalanan 15 tahun perdamaian Aceh,” kata Dahlan.

Politikus Partai Aceh ini juga sependapat dengan tiga pemuda yang menggelar aksi itu. Ia juga mengharapkan semua butir-butir MoU Helsinki dapat diwujudkan.

“Ini sebagai satu kehendak politik sebagaimana ditandatangani 15 Agustus 2005 di Helsinki. Karena mereka hari ini datang ke DPRA, kita sampaikan bahwa kita menghargai keprihatinan, kita menghargai aspirasi adek-adek tersebut,” katanya.

Dahlan berharap adanya peran para pemangku kepentingan di Aceh dan pusat agar semua itu terwujud. Menurutnya, hal ini harus dilakukan secara bersama-sama.

“Biar ini tidak menjadi PR yang tidak berkesudahan tetap paling tidak upaya yang terus menerus sebagai itikad baik untuk memperbaiki keadaan untuk memperbaiki situasi dan mengisi perdamaian yang sudah berlangsung selama 15 tahun ini agar Aceh bisa terus menatap masa depan Aceh yang lebih baik,” jelasnya.

Sebelumnya, tiga pemuda yang mengatasnamakan Aneuk Muda Menggugat (AMM) menggelar aksi di depan gedung DPR Aceh, Banda Aceh, Senin (30/11/2020).

Dalam aksi ini, pemuda tersebut menggugat pimpinan GAM yang terlibat menyepakati dan menandatangani MoU Helsinki pada 2005 silam.

Selain itu, mereka juga menuntut Pemerintah RI untuk menetapi janji dan menyelesaikan poin-poin MoU Helsinki yang telah disepakati. Sebagai bentuk protes, peserta aksi juga melakukan mogok makan.

Amatan popularitas.com, aksi mogok makan dilakukan dengan cara menutup mulut menggunakan masker yang sudah dipalang dengan lakban warna hitam. []

Editor: Acal

Shares: