Insfrastruktur

Amin Janji Tahun 2019 Air Bersih Tuntas Tahun 2019

POPULARITAS.COM – Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman meminta PDAM Tirta Daroy Banda Aceh mampu menuntaskan persoalan air minum pada 2019.

Permintaan ini disampaikan Aminullah usai menghadiri rapat  kerja dan presentasi RKAP PDAM Tirta Daroy, Selasa (27/2/2018) di Aula Kantor PDAM Tirta Daroy kawasan Lampineung, Banda Aceh.

 Aminullah mencermati presentasi yang disampaikan Dirut PDAM, T Novizal Aiyub. Secara rinci Novizal Aiyub menyampaikan progres pelayanan intansi yang dipimpinnnya berikut dengan kendala yang dihadapi di lapangan.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota menegaskan PDAM Tirta Daroy harus mampu melayani air bagi warga Kota Banda Aceh pada Januari 2020.

“Artinya semua kendala yang dihadapi sekarang harus diselesaikan pada Desemnber 2019. Terhitung 1 Januari 2020, seluruh warga kota sudah bisa menikmati air minum,” pinta Aminullah.

Wali Kota melihat, dengan sistem zonasi yang akan dijalankan PDAM, air akan mengalir ke seluruh pelosok Kota Banda Aceh, termasuk di wilayah pelayanan paling ujung, seperti Ulee Lheu dan wilayah lainnya.

Menurutnya, system zonasi memiliki keunggulan dalam memudahkan deteksi gangguan dan kebocoran pipa. Sistem ini juga mampu mempersempit wilayah layanan teknis sehingga dapat meminimalisir kehilangan air dan meningkatkan tekanan aliran (pressure).

“Memang butuh biaya besar, tapi Saya dan Pak Zainal komit akan menuntaskan persoalan air ini,” tambah Aminullah.

 Aminullah berjanji akan berupaya keras mencari dana untuk kebutuhan PDAM, baik dari APBN, APBA maupun APBK.

“Pertemuan hari ini penting dan kita telah sepakat memperkuat PDAM. Soal dana kita akan kerja keras, yang penting kinerja PDAM lebih baik dan 2019 bisa dituntaskan,” kata Wali Kota.

Dalam kesempatan ini, Aminullah juga menilai kinerja PDAM akhir-akhir ini lebih baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan respon pihak instansi tersebut ketika menerima keluhan warga dan langsung menuju lokasi untuk menindaklanjuti.

Saat ini, PDAM Tirta Daroy juga telah mampu menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD).[acl]

Shares: