News

Alasan Kemenag Aceh Pilih Lhokseumawe Sebagai Lokasi Ujian Tes CPNS

Ilustrasi tes CPNS. (Foto: Suara.com)

POPULARITAS.COM – Sejumlah peserta seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil (SKD CPNS) pada Kanwil Kemenag Aceh mengeluhkan terkait pemilihan Kota Lhokseumawe sebagai lokasi pelaksaan ujian.

Para peserta menilai, pemilihan Kota Lhokseumawe sebagai lokasi ujian akan menyulitkan para peserta dari barat selatan Aceh, seperti Simeulue, Aceh Singkil, Subulussalam dan seterusnya.

Menanggapi keluhan itu, Sub Koordinator Subbag Kepegawaian dan Hukum Kanwil Kemenag Aceh, Muhammad Khudhari menilai, keluhan para peserta sebenarnya sangat relatif. Menurutnya, di manapun pelaksanaan ujian pasti ada plus dan minusnya.

“Namun kita berusaha mencari alternatif sebaik mungkin dengan pertimbangan seleksi SKD dapat terlaksana dengan lancar,” kata Khudhari saat dikonfirmasi popularitas.com, Senin (11/10/2021).

Khudhari menjelaskan, pihaknya terpaksa menggelar SKD CPNS di Lhokseumawe, karena Asrama Haji Embarkasi Banda Aceh dan UIN Ar-Raniry sedang dalam tahap renovasi. Padahal, tahun-tahun sebelumnya proses seleksi digelar di dua lokasi itu.

“Sehingga keputusan rapat antara Kanwil, perguruan tinggi, UPT Asrama Haji dan BDK, kita sepakati lokasi alternatif (Lhokseumawe),” jelas Khudhari.

Di sisi lain, katanya, Kanreg XIII BKN Aceh juga merekomendasi agar pelaksanaan SKD CPNS Kemenag Aceh digelar di Politeknik Lhokseumawe. Hal ini setelah mereka melakukan survey di beberapa lokasi tes CPNS.

“Politeknik Lhokseumawe merupakan lokasi yang representatif yang bisa digunakan, dari segi sarana dan fasilitas pelaksanaan SKD. Sehingga kita melakukan survey ke sana dan sesuai. Apalagi dengan kondisi anggaran yang sangt terbatas saat ini,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh telah merilis jadwal dan lokasi pelaksanaaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021, Jumat (8/10/2021).

Berdasarkan pengumuman yang dirilis Kemenag Aceh, SKD CPNS formasi Kanwil Kemenag Aceh akan dilaksanakan di Politeknik Lhokseumawe mulai tanggal 20-28 Oktober 2021.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Iqbal mengatakan, peserta yang telah  lulus seleksi administrasi berhak mengikuti SKD.  Ia menuturkan, SKD dilaksanakan dengan sistem Computer Asisted Test.

“Persiapkan diri semaksimal mungkin untuk menghadapi ujian. Kegigihan anda yang akan menentukan hasilnya,” ujarnya.

Editor: dani

Shares: