News

Aksi Damai LMND di Lhokseumawe, Ingatkan Pemerintah Akan Krisis Pangan

POPULARITAS.COM – Puluhan Mahasiswa Aceh Utara-Lhokseumawe, yang tergabung dalam Eksekutif Kota Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi (LMND) melakukan aksi damai, dalam rangka memperingati hari pangan sedunia.

Awalnya massa berkumpul di depan Museum Kota Lhokseumawe sekitar pukul 11.00 WIB. Selanjutnya mereka berjalan kaki sembari berorasi menuju ke Taman Riyadah kota setempat.

Koordinator aksi Alfathur Riski dalam orasinya menyebutkan, kedaulatan pangan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya penanganan masalah pangan baik di tingkat global, regional maupun nasional.

Menurutnya, di Indonesia khususnya Aceh masalah pangan menjadi persoalan yang serius terlebih ditengah pandemi Covid-19, yang saat ini sedang mengalami krisis pangan.

“Kondisi Covid-19 salah satu faktor membuat krisis ekonomi , sehingga bertambahnya angka pengangguran bahkan berdampak ketahanan pangan,” sebutnya.

Al Fathur menyebutkan, ketahanan pangan tidak dilihat dari perspektif makro tetapi juga di sudut mikro. Oleh sebab itu kata dia, pemerintah harus fokus dalam ketahanan pangan di sektor rumah tangga.

“Kami berharap pemerintah benar – benar fokus permasalahan ini untuk memulihkan pangan di kalangan masyarakat dan pemulihan ekonomi,” katanya.

Mahasiswa berharap, pemerintah harus memberikan modal, atau lahan, pengetahuan kepada nelayan serta petani.

“Selain itu mahasiswa juga meminta agar pemerintah mewujudkan demokrasi ekonomi agar Aceh keluar dari garis kemiskinan,” pungkasnya.

Shares: