News

Aksi Berani Toke Kopi Melawan Pencuri Uang Rp387 Juta

Tersangka pencuri uang toke kopi di Bener Meriah | Istimewa

REDELONG (popularitas.com) – Usaha mempertahankan harta yang dilakukan Khaidir Ari (41) seorang toke kopi asal Kampung Seni Antara, Kecamatan Permata, Kabupaten Bener Meriah patut diacungi jempol. Pasalnya dia berhasil merebut kembali uang hasil usaha kopi Rp 387 juta dari tangan perampok, yang berusaha lari saat dikejar pada Kamis 9 Mei 2019 siang.

Korban berhasil mengejar pelaku Jm (48) warga asal Dusun Alur Rejo, Desa Securai Selatan, Kecamatan Babalan, Langkat, Sumatera Utara yang berusaha kabur ke arah Lhokseumawe. Keduanya bahkan sempat berkelahi, dan pelaku berhasil kabur lagi sampai akhirnya ditangkap warga Kampung Seni Antara dan diserahkan ke Polsek setempat.

Berdasarkan laporan Khaidir ke polisi, pada Kamis, 9 Mei 2019 sekitar pukul 11.30 WIB, korban pulang ke rumah dengan mobil selepas mengambil uang sebanyak Rp387 juta dari bank BRI terdekat. Uang tersebut ditaruh dalam kantong plastik biru. Diduga kuat, tersangka Jm sudah menguntit korban sejak keluar dari bank.

Sesampai di rumah, korban memarkir mobil tepat di halaman rumah. Dia buru-buru keluar dari mobil karena membantu angkut kopi yang dijemur bersama pekerja. Saat korban sedang sibuk, tak sadar tersangka sudah memarkirkan sepeda motornya di belakang mobil, kemudian perlahan-lahan mengambil kunci “T” untuk membongkar pintu mobil.

“Tiba-tiba korban melihat ada orang mengeluarkan kantong plastik biru dari mobilnya dan kabur dengan sepeda motor. Sontak korban teriak maling dan dibantu warga berusaha mengejarnya dengan sepeda motor,” kata Direskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sartijo, Jumat 10 Mei 2019.

Korban berhasil mengejar pelaku yang berusaha kabur ke arah Lhokseumawe. Namun, pelaku yang terkepung berusaha bersembunyi di bekalang rumah warga Kampung Seni Antara. Saat itu pula korban langsung menarik tersangka dan akhirnya terjadi perkelahian yang menyebabkan plastik robek dan uang berhamburan. Namun, pelaku lebih kuat.

Jm kembali kabur dengan sisa uang Rp50 juta di kantong plastik. Pelaku berlari ke arah semak-semak.

“Uang berhamburan dikutip kembali oleh pelaku dan dibawa pulang, sepeda motor milik tersangka juga ikut dibawa. Tepat pada pukul 15.00 WIB, warga berhasil menangkap Jm saat bersembunyi di sebuah rumah warga. Kemudian tersangka dibawa ke Mapolsek Permata,” kata Agus.

Polisi menyita sepeda motor tersangka Supra X 125 hitam, kunci letter “T” dan uang curian sebanyak Rp50 juta. Saat dibawa ke polisi wajah tersangka sudah bonyok, diduga kena bogem korban dan warga sebelum dibawa ke Polsek.*(ASM/C-004)

Shares: