Akses sanitasi jamban layak di Sabang capai 99,20 persen

POPULARITAS.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sabang, Zakaria mengatakan, hingga Maret 2022, akses sanitasi jamban layak di daerah itu telah mencapai 99,20 persen.

Hal itu dikatakannya saat membuka kegiatan Kick Of Meeting (KOM) Sanitasi Kota Sabang tahun 2022, yang diselenggarakan oleh Bappeda kota tersebut, Selasa (19/4/2022).

Saat ini, sambungnya, Pemko Sabang akan terus meningkatkan akses air bersih dan layanan sanitasi. Untuk tahun 2022 sendiri, katanya kemudian, ditargetkan nol persen masyarakat buang air besar sembarangan, dan jumlah gampong ODF sebanyak 15 tempat.

Sekdako Sabang juga berharap dengan bersinergi dengan stakeholder terkait dan bantuan dari berbagai pihak seperti BPPW Aceh, UNICEF serta Yayasan Aceh Hijau, akses air bersih dan sanitasi di Kota Sabang dapat terus meningkat.

Sekda Kata Sabang turut berterimakasih kepada berbagai pihak yang telah banyak memberikan perhatian kepada Kota Sabang terkait dengan upaya-upaya penanganan akses air bersih dan sanitasi di Kota Sabang hingga saat ini.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Kelompok Kerja Sanitasi (Pokja) Sanitasi Kota Sabang atas upaya tanpa kenal lelah dan secara optimal berkesinambungan dalam mewujudkan pengelolaan sanitasi yang layak, aman dan berkelanjutan, baik melalui inovasi Gerakan Bersama Sanitasi aman dan tuntas (Geber Santun) dan inovasi Pokja Sanitasi Saweu gampong (Pos Saga),” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Bappeda Kota Sabang, M. Iqbal Sofyan S.STP menjelaskan sanitasi merupakan salah satu rencana dasar yang masih perlu menjadi perhatian dan prioritas pembangunan terutama di tingkat Kota Sabang. Dalam hal ini, pemerintah terus berupaya menciptakan suatu lingkungan yang bersih, sehat dan jauh dari limbah, baik limbah cair maupun limbah padat.

“Penerapan pelayanan sanitasi ini adalah kebutuhan paling mendasar yang harus dipenuhi sehingga akan meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Kota Sabang secara umum” tutupnya.

 

Editor : Hendro Saky

Comments
Loading...