NewsPolitik

AHY tegaskan Demokrat akan perjuangkan dana otsus Aceh

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan bahwa partai berlambang "Mercy" ini akan terus memperjuangkan agar dana otonomi khusus (Otsus) untuk Aceh diperpanjang setelah berakhir pada 2027 mendatang.
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat bertemu para jurnalis dan influencer di Banda Aceh, Selasa (19/4/2022) malam. (Muhammad Fadhil/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan bahwa partai berlambang “Mercy” ini akan terus memperjuangkan agar dana otonomi khusus (Otsus) untuk Aceh diperpanjang setelah berakhir pada 2027 mendatang.

“Demokrat akan terus memperjuangkan (agar dana otsus diperpanjang), tentu sesuai dengan kondisi keuangan kita,” kata AHY kepada wartawan di Banda Aceh, Selasa (19/4/2022) malam.

AHY menyampaikan, dana otsus yang dialokasi untuk Aceh dan akan berakhir pada 2027 adalah amanah dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh (UUPA) yang merupakan hasil dari kesepakatan perdamaian Aceh.

Oleh karena itu, kata dia, berakhirnya dana otsus pada 2027 mendatang adalah suatu yang sangat disayangkan. Oleh sebab itu, terang AHY, Demokrat akan terus melakukan upaya-upaya agar alokasi tersebut diperpanjang.

“Ruang fiskal kita terbatas, utang kita besar sekali, sedangkan prioritas-prioritas yang perlu dipenuhi juga beragam, kalau negara kita dalam kondisi baik, keuangan baik, pasti alokasi untuk otsus ditingkatkan, paling tidak dipertahankan,” ucap AHY.

“Kalau 2 persen, 2 persen, sama seperti beberapa tahun lalu pembahasan dana otsus di Papua, di Papua sebenarnya dulu bisa ditingkatkan kalau tidak salah menjadi 4 persen, tetapi yang ada hanya menjadi 2,25 persen, karena memang mampu segitu,” pungkasnya.

Shares: