News

Ada Potensi Hujan Hingga Akhir Pekan di Aceh

Ada Potensi Hujan Hingga Akhir Pekan di Aceh
Pergerakan angin di wilayah Indonesia. ANTARA/HO-BMKG Aceh

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Aceh menyebut, saat ini terjadi belokan angin pada lapisan atmosfer yang menyebabkan potensi hujan turun di sebagian wilayah Provinsi Aceh hingga akhir pekan ini.

“Prakiraan terjadi hujan hingga akhir pekan, karena adanya belokan angin di sekitar Provinsi Aceh,” ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Aceh, Zakaria Ahmad di Banda Aceh, Jumat (2/10/2020) dilansir Antara.

Belokan angin di sekitar Provinsi Aceh tersebut, ia menerangkan, mengakibatkan pembentukan awan konvektif relatif banyak, sehingga meningkatkan potensi pembentukan awan-awan hujan di sekitar wilayah Aceh.

Ia mengatakan, kondisi ini dapat mengakibatkan fenomena cuaca ekstrim, seperti hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang terjadi pada siang, sore, hingga malam hari.

“Untuk hari ini potensi hujan kemungkinan turun di wilayah Aceh Selatan, Kota Subulussalam, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, dan Bener Meriah,” kata dia.

Ia melanjutkan, semetara untuk hari Sabtu (3/10/2020), potensi hujan terjadi di wilayah Aceh Tenggara, Aceh Selatan, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Subulussalam, Bener Meriah, dan Aceh Tengah.

“Dan hari Ahad (4/10/2020), kita perkirakan hujan turun di Aceh Tenggara, Bener Meriah, Subulussalam, dan Aceh Tengah,” jelasnya.

Ia juga memperkirakan, adanya belokan angin ini berpotensi meningkatkan gelombang laut yang mencapai 2,5 hingga 3 meter di beberapa wilayah perairan Aceh.

“Meliputi perairan barat-selatan Aceh, perairan utara Sabang, dan perairan Samudera Hindia barat Aceh,” ungkap Zakaria.[acl]

Shares: