News

Aceh Tamiang Pesan 1.000 Catride PCR Percepat Penanganan Pasien Corona

Ibnu Azis, Kadinkes Aceh Tamiang. (popularitas/Yusri)

POPULARITAS.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang telah memesan pengadaan 1000 catride PCR, untuk mempercepat penanganan pasien Covid-19. Pengadaan catride PCR tersebut dilaksanakan karena alat PTM – nya telah tersedia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.

“Pembelian 100 catride ini melalui anggaran refocusing APBA Tahun 2020, adanya catride PCR nantinya dapat langsung melakukan swab terhadap pasien yang mengalami gejala Covid-19,” kata Ibnu Azis, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang, Senin (21/9) di kantornya.

Menurutnya, keberadaan catride PCR tersebut juga memberikan kemudahan atau mempercepat terhadap pemeriksaan pasien Covid-19, tidak menutup kemungkinan hanya membutuhkan waktu dua sampai empat jam sudah bisa diketahui hasilnya. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi untuk menunggu lama terhadap kepastian hasilnya.

Ibnu Azis menyampaikan, apalagi kasus Covid-19 di Aceh Tamiang mengalami peningkatan dan berdasarkan data pertanggal 20 September 2020 yaitu, PDP yang dirawat atau dirujuk sebanyak 27 orang, PDP isolasi mandiri dirumah sebanyak 55 orang dan PDP meninggal sebanyak 3 orang.

Mengingat adanya peningkatan tersebut, Kadinkes Aceh Tamiang, Ibnu Azis menghimbau agar masyarakat dapat berperan aktif bersama-sama berpartisipasi dalam mecegah penyebaran virus  Covid-19, terutama dalam mematuhi protkol kesehatan seperti pemakaian masker dan lainnya.

Ibnu Azis juga mengutarakan, pihaknya akan melaksanakan kegiatan perbaikan ruangan Gedung Olah Raga (GOR) Aceh Tamiang yang digunakan sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19. “ Petugas yang berkerja di GOR tersebut melibatkan para relawan dan tenaga medis,” pungkasnya.

Editor: dani

Reporter: Yusri

Shares: