News

Aceh Tamiang Padukan Konsep Teknologi dalam proses Belajar Jarak Jauh

Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil meninjau pelaksanaan konsultasi belajar bagi siswa di masa pandemi Covid -19 yang dilaksanakan jajaran Disdikbud Aceh Tamiang. (ist)

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang masih menjalankan program konsultasi belajar dalam menyahuti problema bagi siswa yang tidak bisa mengikuti belajar secara daring secara maksimal.

Sementara proses belajar tatap muka di kabupaten ini belum dapat dilaksanakan karena masih berstatus zona orange.

“Program konsultasi belajar adalah program untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru,” kata Abdullah, Plt Kepala Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan Aceh Tamiang kepada wartawan, Senin (19/10/2020), untuk program ini juga tidak semua siswa hadir serta tidak dipaksakan.

Menurutnya,  program konsultasi belajar tetap dilaksanakan untuk membantu siswa karena zona kabupaten Aceh Tamiang masih zona orange. Sehingga belum bisa belajar tatap muka.

“Kegiatan konsultasi belajar ini dilaksanakan di teras masjid, surau dan sarana umum lainnya yang bisa digunakan sebagai tempat belajar, ” sebut Abdullah sembari menambahkan, para siswa yang mengikuti program ini juga harus mematuhi protokol kesehatan.

Pemkab Aceh Tamiang juga memadukan konsep teknologi ke dalam proses Pembelajaran Sekolah Jarak Jauh (PSJJ) di masa pandemi Covid-19 yaitu melalui aplikasi bernama “Tamiang Pande”, dimana guru dan murid semakin mudah berinteraksi tanpa harus saling bertatap muka.

Aplikasi Tamiang Pande ini secara resmi sudah diperkenalkan oleh Bupati Aceh Tamiang, Mursil pada Selasa (6/10) lalu, aplikasi e-learning terpadu tersebut diambil dari bahasa Tamiang yang artinya Tamiang Pintar.

Bupati Mursil menyebut, bahwa aplikasi ini baru Kabupaten Aceh Tamiang satu-satunya daerah di Aceh yang menggunakan aplikasi ini. “Tamiang Pande itu maksudnya pintar, karena itu diharapkan aplikasi ini bisa mendukung proses pembelajaran jarak jauh yang merupakan tujuan dari pembuatan dari aplikasi dimaksud, ” terangnya.

Dalam implementasinya para murid TK, SD, dan pelajar SMP di Aceh Tamiang setiap harinya akan mendapat konten pelajaran yang dibuat langsung oleh guru. ” Materi pelajarannya bisa ditonton secara offline sebagai solusi untuk menghemat kuota para orang tua, ” jelas Bupati.

Lanjutnya, tersedia juga teknologi ujian online terpadu dan news center yang akan membantu para orang tua pengguna Tamiang Pande untuk mendapatkan informasi perkembangan pendidikan di Tamiang secara update langsung via aplikasi.

Reporter: Yusri

Editor: dani

Shares: