Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Aceh Tamiang Akan Pamerkan 10 Makanan Khas di Aceh Culinary Festival

Aceh Tamiang Akan Pamerkan 10 Makanan Khas di Aceh Culinary Festival

ACEH TAMIANG (Popularitas.com) – Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang memastikan akan mengikuti perhelatan Aceh Culinary Festival 2020 yang digelar Agustus mendatang. Mereka akan membawa 10 makanan khas yang dipamerkan pada even tersebut.

Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang, Ryta Syntia menjelaskan, festival kuliner ini nantinya akan menampilkan semua jenis makanan dan mendemokan makanan yang telah dibawa dari Kabupaten/Kota masing-masing.

Direncanakan Aceh Tamiang akan membawa 10 jenis makanan khas Tamiang. Pihaknya juga akan meminta  Majelis Adat Aceh (MAA) untuk memilih jenis-jenis makanan khas yang dibawa nanti.

“Minggu depan kita  rencanakan meminta kesediaan Pak Bupati untuk memberikan arahan, petunjuk dan masukan terkait ajang ini nantinya,” kata Ryta saat memimpin rapat persiapan Festival Kuliner di Pendopo Bupati Aceh Tamiang, Rabu (04/03/2020).

Ryta juga menambahkan,  pihaknya akan membentuk panitia lintas sektor untuk festival kuliner. Seperti  dari PKK, MAA, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Dinas Pangan dan Kelautan, Dinas Kominfosan, Dinas Perindustrian, UKM dan Koperasi, Dinas Kesehatan, Bagian Humas dan Bagian Umum Setdakab Aceh Tamiang.

Aceh Culinary Festival 2020 akan digelar pada Agustus mendatang Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh di Banda Aceh. Ajang ini merupakan kegiatan tahunan dan telah diselenggarakan sejak tahun 2014 lalu oleh Pemerintah Aceh.

Kegiatan tersebut secara konsisten telah berhasil menyandang predikat sebagai Top 100 Event Nasional yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata RI sejak tahun 2018 lalu.

Tujuan lain dari festival kuliner tersebut juga untuk mempromosikan Aceh, sebagai salah satu destinasi wisata kuliner unggulan Indonesia. Sehingga dapat meningkatkan wisatawan baik nusantara maupun manca negara  ke Aceh yang nantinya dapat meningkatkan PAD Aceh dari sektor wisata kuliner. [acl]

Reporter : Irwan

Shares: