News

Aceh Singkil Fokus Kembangkan Destinasi Wisata Bahari

Pulau Banyak. (popularitas/dani)

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil menjadi wisata bahari sebagai andalan meningkatkan kunjungan wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara, ke kabupaten tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Aceh Singkil Edi Hartono mengatakan, wisata bahari yang menjadi andalan tersebut adalah Kepulauan Pulau Banyak.

“Pulau Banyak juga sudah dikenal turis mancanegara. Dan destinasi Pulau Banyak tersebut terus kami kembang sebagai daerah tujuan pariwisata. Apalagi nanti didukung transportasi memadai berupa kapal penyeberangan milik Pemerintah Aceh,” kata Edi Hartono seperti dilansir laman Antara, Sabtu (30/1/2021).

Edi Hartono mengatakan Pulau Banyak tersebut selalu ramai dikunjungi pada saat musim libur. Panorama alamnya yang indah serta pantai yang tersebar di puluhan pulau-pulau kecil menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke tempat itu.

Dalam kondisi pandemi COVID-19 sekarang ini, kata Edi Hartono, wisatawan berkunjung ke Pulau Banyak hanya dari kalangan dalam negeri. Padahal sebelum pandemi, banyak turis mancanegara berkunjung ke Pulau Banyak.

“Kami berharap pandemi COVID-19 segera berakhir, sehingga kunjungan wisatawan ke Pulau Banyak meningkatkan. Sebab, sektor pariwisata menjadi tumpuan hidup masyarakat Pulau Banyak,” kata Edi Hartono.

Untuk mendukung pengembangan wisata Pulau Banyak, kata Edi Hartono, pihaknya jadikan Pulau Panjang yang berada di gugusan Kepulauan Pulau Banyak sebagai destinasi wisata keluarga

Alasan menjadikan Pulau Panjang sebagai destinasi wisata keluarga karena selama ini Pulau Panjang ramai dikunjungi wisatawan membawa keluarganya, baik pengunjung lokal maupun wisatawan luar Provinsi Aceh.

“Atas dasar itu, kami menjadi Pulau Panjang sebagai destinasi wisata keluarga. Pantai di Pulau Panjang termasuk aman untuk anak-anak,” kata Edi Hartono.

Edi Hartono menyebutkan Pulau Panjang hanya berjarak lima menit menggunakan perahu motor dari Pulau Balai. Pulau Balai merupakan ibu kota kecamatan.

Sebagai destinasi wisata, kata Edi Hartono, sarana dan prasarana di Pulau Panjang sudah memadai. Di pulau tersebut sudah ada resor serta fasilitas wisata lainnya.

“Pariwisata di Pulau Panjang dikelola badan usaha milik desa. Mereka juga mempromosikan Pulau Panjang melalui internet. Kami mendukung penuh pengembangan destinasi pariwisata di Pulau Panjang,” kata Edi Hartono.

Pulau Banyak berada di Samudera Hindia dengan 63 pulau besar dan kecil. Pulau Banyak berjarak 26 mil dari Singkil, ibu kota Kabupaten Aceh Singkil, dengan jarak tempuh dua hingga empat jam perjalanan laut.

Shares: