Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Aceh Ramadhan Festival ajang kebangkitan industri pariwisata

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menggelar Aceh Ramadhan Festival 2022 pada 13-19 April 2022.
Pembukaan Aceh Ramadhan Festival 2022 di Banda Aceh, Rabu (13/4/2022) sore. (Riska Zulfira/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menggelar Aceh Ramadhan Festival 2022 pada 13-19 April 2022.

Kegiatan yang berlangsung di Taman Budaya Kota Banda Aceh ini secara resmi dibuka pada Rabu (13/4/2022) sore.

Kepala Disbudpar Aceh, Jamaluddin mengatakan Aceh Ramadhan Festival merupakan event tahunan yang dilakukan, selain memeriahkan bulan Ramadhan juga sebagai momentum kebangkitan industri pariwisata di Aceh sebagai media pemulihan ekonomi masyarakat.

Aceh Ramadhan Festival Tahun 2022 dijadikan salah satu top Kharisma Event Nusantara yang telah dirilis oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan kali ini mengusung tema “Wonderful Ramadhan in Aceh”.

“Kegiatan tahunan yang diselenggarkan oleh Disbudpar Aceh ini, pertama kali diselenggarakan pada tahun 2019 dan sempat terhenti pada tahun 2020 akibat pandemic Covid-19, dan dilanjutkan pada tahun 2021 secara hybrid,” kata Jamaluddin

Uniknya, pada kegiatan Aceh Ramadhan Festival menampilkan beragam kegiatan yang lebih variatif seperti Pusat Kajian Ramadhan, Khanduri Ramadhan, Kelas Kreatif Bagi Kawula Muda, Penampilan Seni dan Budaya, serta Ramadhan Sale yang dapat dinikmati para pengunjung disaat menjelang berbuka Puasa.

“Festival ini melibatkan 40 para pelaku UMKM dari 50 brand lokal, baik kuliner maupun non kuliner yang berasal dari Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Dan hal lain yang perlu kami laporkan bahwa event kali ini juga melibatkan para pelaku ekonomi kreatif, para hafidz, dan komunitas – komunitas dakwah,” jelasnya lagi.

Jamaluddin berharap event ini dapat memberikan dampak yang positif kepada masyarakat terhadap menjaga kelestarian budaya dalam bingkai Islami.

“Semoga event Aceh Festival Ramadhan tahun 2022 ini berdampak positif bagi kelestarian budaya dan pengembangan Pariwisata Aceh dalam bingkai Khazanah Islami,” tutupnya.

Shares: