Aceh Miliki BLUD Pertama Di Indonesia Sektor Pertanian

BANDA ACEH (popularitas.com): Pemerintah Aceh telah menetapkan tiga unit pelaksana teknis daerah (UPTD) di Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh, berubah fungsi menjadi badan layanan umum daerah (BLUD). Ketiga UPTD yang berubah fungsinya menjadi BLUD tersebut adalah, UPTD balai benih hortikultura (BBH) Saree, UPTD Mekanisasi pertanian (Mentan) Indrapuri, dan UPTD Balai Benih tanaman pangan (BBTP) Keumala.

Habiburahman, tim inisiasi kajian teknis perubahan status UPTD menjadi BLUD, Jumat (7/7), mengatakan, penetapan ketiga lembaga teknis menjadi BLUD didasarkan pada keputusan gubernur Aceh, dan SK keputusan tersebut telah di serahkan kepada kepala Distanbun Aceh, Hasanuddin Darjo, kepada masing masing kepala UPTD pada Kamis, (6/7), dalam suatu acara yang di laksanakan di Aceh Besar.

“Ini BLUD pertama di Indonesia di sektor non kesehatan,” katanya.

Dengan perubahan status ini, diharapkan kinerja ketiga lembaga tersebut lebih meningkat, dan secara langsung dapat memberikan kontribusi pada pendapatan asli Aceh (PAA), dan juga dapat mendorong inisiatif inisiatif dalam pengembangan sektor pertanian, katanya.

Habib juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak, yang secara sungguh membantu proses evaluasi dalam penyiapan berbagai kajian teknis dalam perubahan status ketiga lembaga itu, sehingga apa yang dicapai hari ini, menjadi momentum penting dalam mendorong kemandirian pertanian Aceh, guna menjadikan daerah ini mandiri benih dan juga sebagai lumbung pangan nasional 2020. (saky)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.