News

Aceh Masuk Daerah Prioritas Dapat Vaksin COVID-19 Pertama Kali

Harga Vaksin Covid-19 Kisaran Rp 200 Ribu
Botol kecil berlabel stiker "Vaksin COVID-19" dan jarum suntik medis, terlihat dalam ilustrasi yang diambil pada 10/4/2020. ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic/pri.

POPULARITAS.COM – Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengungkap daerah mana saja yang akan mendapat Vaksin coron COVID-19 jika sudah tersedia.

“Pertama dalam roadmap atau vaksinasi akan ditentukan. Tetapi kita ada daerah-daerah yang zona merah. Daerah dengan zona merah penularannya terbesar seperti Sumatera Utara, Aceh, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan,” papar Airlangga dalam konferensi pers di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Kamis (22/10/2020).

“Dan ada tiga daerah khusus yaitu, Aceh, Papua, dan Papua Barat,” tambahnya.

Selain itu, Airlangga mengingatkan kepada masyarakat untuk hati-hati dalam menghadapi libur panjang yang akan dihadapi. Untuk selalu gunakan masker, karena saat ini masker yang paling efektif untuk mencegah penularan Corona.

“Yang paling efektif untuk mencegah adalah menggunakan masker. sambil menunggu vaksin, menggunakan masker itu perlindungan utama,” lanjutnya.

Dikutip dari laman resmi maritim.go.id, jika vaksin sudah tersedia, Menkes Terawan Agus Putranto akan memprioritaskan vaksin Corona COVID-19 pada kelompok tenaga kesehatan, pelayanan publik, TNI atau Polri, dan seluruh tenaga pendidik.

Menkes Terawan juga menegaskan bahwa para garda terdepan dan yang tidak mampu secara ekonomi akan dibayarkan vaksinnya oleh pemerintah, termasuk di dalamnya masyarakat peserta Penerima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan.

“Mereka yang di garda terdepan dan peserta Penerima Bantuan Iuran alias PBI dalam BPJS Kesehatan akan ditanggung biaya vaksinnya oleh pemerintah,” ujar Menkes Terawan.

Sumber: detik

Shares: