Aceh Catat Rekor Kasus Harian Positif Covid-19 Tertinggi Selama Pandemi

POPULARITAS.COM – Kasus harian Covid-19di Aceh bertambah lagi sebanyak 459 orang, dalam kurun waktu 24 jam terakhir. Dalam periode waktu yang sama jumlah pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh juga bertambah sebanyak 244 orang. Sementara itu, kasus meninggal dunia dilaporkan lagi sebanyak 22 orang di Aceh.

“Penambahan kasus harian kali ini lebih tinggi dari pada hari-hari sebelumnya dan kasus positif baru ditemukan di semua kabupaten/kota meski distribusinya tidak merata,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Jumat (20/8/2021).

Ia pun merinci kasus-kasus infeksi baru virus corona dan distribusi pasien yang dinyatakan sembuh di Aceh dalam waktu 24 jam terakhir.  Penderita baru yang mencapai 459 orang itu, meliputi Banda Aceh 123 orang, Aceh Besar 46 orang, Bireuen 40 orang, Pidie 34 orang, Aceh Tamiang 25 orang, Pidie Jaya 22 orang, Aceh Selatan 21 orang, Aceh Tengah 20, warga Aceh Utara dan Lhokseumawe sama-sama 17 orang.

Kemudian warga Nagan Raya 16 orang, Aceh Barat 15 orang, dan Langsa 12 orang. Selanjutnya warga Aceh Timur 11 orang, Aceh Singkil 10 orang, Aceh Jaya sembilan orang, warga Bener Meriah dan Sabang sama-sama tujuh orang. Berikutnya warga Simeulue empat orang, Aceh Tenggara sebanyak dua orang dan satu lagi warga Subulussalam.

Sementara itu, lanjutnya, pasien sembuh 244 orang, yakni warga Pidie mencapai 141 orang, Aceh Tengah 28 orang, Banda Aceh 22 orang, Aceh Besar 21 orang, dan warga Langsa 12 orang. Kemudian warga Pidie Jaya sebanyak enam orang, warga Aceh Utara dan Sabang sama-sama lima orang. Selanjutnya warga Gayo Lues tiga orang dan satu lagi warga Lhokseumawe.

Kasus-kasus baru yang ditemukan di semua kabuten/kota tersebut, meski distribusinya tidak merata, perlu mendapat perhatian semua pihak. Setiap satu kasus baru Covid-19 terdapat sejumlah kontak erat yang mesti ditelusuri (tracing) oleh petugas kesehatan. Kian cepat mereka ditemukan semakin pendek rantai penularan virus corona dalam masyarakat.

Proses tracing tersebut membutuhkan dukungan penuh Satgas Covid-19 gampong dan tokoh masyarakat setempat. Geuchik dan tokoh masyarakat seyogyanya membangun kesadaran warga yang kontak erat untuk melaporkan diri kepada petugas kesehatan. Kesadaran melapor tersebut penting untuk melindungi keluarganya dan warga sedesa, katanya.

“Jangan gara-gara satu-dua orang yang terinfeksi tapi bersembunyi, warga segampong akan menanggung risiko tertular virus corona,” ujar Juru Bicara yang akrab disapa SAG itu.

Secara akumulatif kasus Covid-19 Aceh yang hingga tanggal 20 Agustus 2021 telah mencapai 29.361 orang. Pasien yang sedang dirawat sebanyak 6.112 orang. Pasien yang sembuh (penyintas Covid-19) telah mencapai 22.003 orang. Sedangkan kasus meninggal dunia secara akumulatif sudah mencapai 1.246 orang.

Comments
Loading...