News

Aceh Besar Tempatkan Petugas Pengawasan Kurban di 604 Gampong

Aceh Besar Tempatkan Petugas Pengawasan Kurban di 604 Gampong
Persedian hewan kurban lebaran Idul Adha 1441Hirjiah di salah satu peternakan di Aceh

ACEH BESAR (popularitas.com) – Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar menyatakan telah menempatkan petugas pengawas dan pemantaun kesehatan hewan kurban di 604 gampong/desa yang tersebar di 23 kecamatan di kabupaten setempat.

“Petugas pengawas dan pemantauan ini bertujuan untuk memastikan hewan kurban yang disembelih pada hari raya Idul Adha 1441 Hijriah di Kabupaten Aceh Besar aman untuk dikonsumsi dan terhindar dari penyakit yang dapat menular kepada manusia,” kata Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar Jakfar di Aceh Besar, Selasa (28/7/2020) dilansir Antara.

Ia menjelaskan dalam upaya memastikan kesehatan hewan kurban dalam menghadapi Idul Adha 1441, pihaknya sudah melakukan sejumlah kegiatan seperti pemeriksaan antemortem meliputi pemeriksaan fisik hewan kurban yang dilakukan sebelum proses penyembelihan dan pemeriksaan postmortem meliputi pemeriksaan daging, karkas, dan jeroan.

Untuk mengoptimalkan pelaksanaan kurban di Kabupaten Aceh Besar, pihaknya menempatkan sebanyak 21 petugas (medik venteriner) dan 54 orang petugas pemantau (medik dan paramedik veteriner).

Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar mencatat persediaan hewan ternak untuk Idul Adha di kabupaten setempat sebanyak 2.333 ekor yang tersebar di seluruh kecamatan.

“Ternak yang akan dikurban pada hari raya haji tersebut tersebar di seluruh kecamatan yang ada dalam Kabupaten Aceh Besar,” kata dia.

Ia menambahkan petugas akan bekerja secara maksimal di seluruh titik lokasi yang telah ditetapkan untuk pelaksanaan kurban sehingga hewan ternak yang disembelih tersebut aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.[acl]

Shares: