Aceh Besar raih penghargaan dari Menteri Keuangan RI

POPULARITAS.COM – Kabupaten Aceh Besar raih penghargaan dari Kementrian Keuangan RI. Anugerah itu diberikan atas prestasi daerah itu meraih 10 kali opini wajar tanpa pengeculian (WTP) dari BPK RI atas laporan keuangan daerah.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, dan diterima langsung Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, dalam sebuah acara yang berlangsung Kamis (22/9/2022) di Gedung Danaphala Kementrian Keuangan RI di Jakarta.

Dalam keterangan tertulisnya kepada popularitas.com, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengatakan, capaian dan penghargaan yang terima tidak terlepas dari pondasi yang kokoh yang dibangun oleh para bupati terdahulu, anggota DPRK, dan para pimpinan SKPD yang membangun sistem akuntabilitas penganggaran Aceh Besar.

“Capaian ini merupakan hasil kerja kolektif seluruh elemen pemerintahan di kabupaten Aceh Besar,” tukasnya.

Untuk itu, dirinya selaku Pj Bupati di Aceh Besar, akan melanjutkan kerja-kerja yang telah dicapai para pendahulu, dan bupati sebelumnya dalam menciptakan sistem penganggaran yang transparan, dan akuntable.

Karenaya, Ia minta dukungan kepada sesepuh, tokoh dan para alim ulama di Aceh Besar untuk terus melanjutkan apa yang telah di capai saat ini. “Saya berharap dengan tulus, mari kita berdoa dan terus berikhtiar bersama untuk selalu saling menguatkan tekad mewujudkan Aceh Besar lebih baik, bukan hanya sebatas akuntabilitas, namun juga terwujudnya pembangunan yang sesuai ekspektasi semua pihak di Aceh Besar,” pintanya.

Para kepala daerah yang diundang langsung ke Kemenkeu R.I untuk penyerahan penghargaan itu hanya berlaku untuk daerah yang mencapai WTP minimal 10 kali secara benruntun. Artinya, sertifikat WTP yang di bawah 10 kali diserahkan di propinsi masing masing. 

Sebelumnya, Menkeu Sri Mulyani dalam surat undangannya untuk para kepala daerah menyebutkan, event penghargaan itu juga untuk meningkatkan akuntabilitas laporan keuangan dan kinerja Pemerintah Daerah hingga Pemerintah Pusat. Selain itu juga untuk menjaga komitmen dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Kementerian Keuangan juga menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 dengan tema “Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. 

Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan tahun ini dilaksanakan dalam beberapa rangkaian kegiatan, mulai 22 Agustus sampai dengan 22 September 2022, berupa aneka lomba, webinar, coaching clinic, dan talkshow, termasuk pemberian penghargaan kepada entitas pelaporan peraih Opini WTP dengan kategori tertentu.

Comments
Loading...