News

Aceh Barat Miliki Rumah Sakit Pecandu Narkoba

Aceh Barat Miliki Rumah Sakit Pecandu Narkoba
Bupati Aceh Barat Ramli M.S. menyambut kedatangan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh, Brigjen Pol Drs Heru Pranoto di pendapa bupati di Meulaboh, Selasa (17/11/2020). (ANTARA/HO-Dok. Pemkab Aceh Barat)

– Pemerintah Kabupaten Aceh Barat saat ini memiliki satu rumah sakit untuk menangani pecandu narkotika serta obat-obatan terlarang di Desa Beureugang, Kecamatan Kaway XVI.

“Rumah sakit ini nantinya akan menangani atau merehab pasien candu narkoba, psikotropika, serta zat adiktif lainnya,” kata Bupati Aceh Barat Ramli M.S. di Meulaboh, Selasa (17/11/2020) dilansir Antara.

Dia menjelaskan rumah sakit yang sudah dibangun tersebut nantinya juga akan difungsikan sebagai sarana untuk merawat masyarakat yang terdampak buruk narkotika, sehingga diharapkan ke depan tidak lagi mengonsumsi obat-obatan terlarang.

Namun, kata dia, untuk persiapan operasionalnya, pemerintah daerah saat ini sedang melakukan berbagai persiapan agar nantinya ketika dioperasikan sepenuhnya, sudah bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan standar layanan kesehatan.

Untuk mencegah maraknya peredaran narkotika di Aceh Barat, pemerintah daerah setempat telah menerapkan program Kampung Muslimin di puluhan kecamatan di daerah ini.

Melalui program tersebut, kata dia, turut dilaksanakan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat, khususnya kepada kalangan generasi muda, dengan pendekatan secara agama Islam.

“Program ini nantinya yang bertanggung jawab adalah pejabat forum komunikasi pimpinan daerah, yang akan membina masyarakat Aceh Barat agar menjadi masyarakat yang agamis, cerdas, sehat, dan berkualitas,” kata Ramli.

Pemerintah daerah juga gencar mengirim khatib atau penceramah ke setiap desa di Kabupaten Aceh Barat, agar melakukan ceramah agama untuk menjauhkan masyarakat dari pengaruh buruk narkotika.[acl]

Shares: