News

Aceh Barat Bentuk Satgas Cegah Kebakaran Lahan

Enam Hektare Lahan Gambut di Aceh Barat Terbakar
Ilustrasi, kebakaran lahan. (ANTARA/HO-Dok. BPBD Aceh Barat)

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat sedang menyusun pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) guna melakukan pencegahan terjadinya kebakaran lahan di daerah itu.

“Jadi, saat ini satgasnya sedang disusun menindaklanjuti arahan dari Bapak Presiden Joko Widodo beberapa hari lalu melalui video konferensi,” kata Bupati Aceh Barat Ramli seperti dilansir laman Antara, Sabtu (27/2/2021).

Dia mengatakan dengan adanya Satgas Penanganan Karhutla di Kabupaten Aceh Barat, maka pemerintah daerah akan lebih mudah melakukan upaya pencegahan di antaranya pemetaan wilayah yang sering terjadi kebakaran lahan.

Satgas tersebut juga dapat melengkapi kesiapan alat di kawasan yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan, agar penanganan pemadaman bisa lebih cepat.

Terhadap kebakaran lahan yang sudah mulai terjadi di daerah ini, Ramli mengaku sudah memerintahkan lembaga terkait agar terus berupaya melakukan pencegahan di lokasi rawan terjadinya kebakaran lahan.

Hal tersebut dimaksudkan, jika ditemukan adanya titik api, maka segera bisa dilakukan pemadaman tanpa harus menunggu api membesar.

“Jadi, semua petugas pemadam kebakaran harus siapa selalu, jika ditemukan ada titik api harus segera dipadamkan,” tegas Ramli.

Shares: