Headline

Aceh Akan Bangun Pabrik Marmer

Pemerintah Aceh menjajaki kerjasama pembangunan pabrik marmer, dengan PT Fajar Gelora Inti. Lokasi investasi perusahaan tersebut, direncanakan akan dibangun di Kawasan Industri Aceh (KIA) Ladong, di Aceh Besar.
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dan Dirut PT PEMA, Zubir Sahim, saat melakukan kunjungan kerja ke PT Fajar Gelora Inti, di Cibitung, jawa Barat

BANDA ACEH (popularitas.com) : Pemerintah Aceh menjajaki kerjasama pembangunan pabrik marmer, dengan PT Fajar Gelora Inti. Lokasi investasi perusahaan tersebut, direncanakan akan dibangun di Kawasan Industri Aceh (KIA) Ladong, di Aceh Besar.

Hal ini disampaikan oleh Dirut PT Pembangunan Aceh (PT PEMA) Zubir Sahim, saat mendampingi kunjungan kerja Plt Gubernur , Nova Iriansyah ke pabrik PT Fajar Gelolar Inti, di Cibitung.

PT Fajar Gelora Inti, kata Zubir, adalah perusahaan yang memiliki pengalaman dalam bidang produksi marmer dan granit di tanah air, dan produk mereka telah banyak dipakai dipasar dalam negeri.

Dalam kunjungan ke perusahaan tersebut, kata Zubir, pihak PT Fajar Gelora Inti, menyatakan minatnya, untuk membantu Aceh, dalam hal pengelolaan sumber daya alam di provinsi tersebut, terutama dalam hal membangun industri marmer dan granit.

Keberadaan industri marmer dan granit, kata Zubir, sudah sangat layak dan dibutuhkan dibangun di provinsi ini. Mengingat, sambungnya, potensi sumber daya alam mineral batuan, melimpah ruah dan pasar domestik terbuka lebar untuk pemanfaatan hasilnya.

“Aceh kaya akan sumber daya alam mineral batuan, dan aspek pemasaran hasil produk ini masih sangat terbuka luas,” katanya.

Untuk tahap awal, sebut Zubir, pihaknya akan membuka peluang kerjasama dengan pengusaha disini, yang tergabung dalam Kadin Aceh dengan pihak PT Fajar Gelora Inti, guna secara bersama dapat membangun industri tersebut di KIA Ladong.

Sementara itu, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dalam keterangannya yang dilansir antaranews.com. mengatakan, kunjungan dirinya bersama Ketua Kadin, dan PT Pema, adalah untuk penjajakan dan sekaligus memperkuat kerja sama pembangunan pabrik dengan salah satu perusahaan marmer yang ada di Jawa Barat, PT Fajar Gelora Inti.

“Kunjungan kerja ini memenuhi undangan dari PT Fajar Gelora Inti dan kita berharap dengan kunjungan ini akan ada kerja sama dengan Pemerintah Aceh,” kata Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam siaran pers diterima Antara di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan PT Fajar Gelora Inti memiliki pengalaman dan jaringan luas secara nasional dalam memasarkan batu marmer atau granit yang mempunyai nilai jual tinggi.

Oleh karena itu, kerja sama ini bukan saja fokus pada pembangunan pabrik yang nantinya akan berlokasi di Ladong, Aceh Besar, namun sekaligus transfer ilmu pengetahuan kepada pemuda-pemudi Aceh dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia.

“Ini merupakan pabrik pertama yang akan menjadi contoh dan bisa saja tumbuh di daerah lainnya yang memiliki batu-batu alam dengan nilai jual baik di pasar nasional bahkan internasional,” kata Nova usai melakukan kunjungan ke pabrik Fajar Gelora Inti di Cibitung.

Pihaknya, tambah dia, akan membantu proses perizinan dan berharap pihak perusahaan bisa sesegera mungkin melakukan survei ke daerah pembangunan.

Presiden Fajar Gelora Inti, Ferdinand Gumanti menyambut baik kunjungan Pemerintah Provinsi Aceh yang dipimpin Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

“Kami siap bekerja sama dengan Pemprov Aceh untuk mengelola sumber daya alam (SDA) terutama batu alam di provinsi tersebut dan termasuk transfer ilmu kepada putra-putri Aceh,” katanya. (ANT/SKY)

Shares: