Abu Vulkanik Gunung Sinabung Meluas ke Aceh Utara dan Aceh Timur

POPULARITAS.COM – Debu vulkanik akibat erupsi Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatera Utara mulai meluas hingga ke Aceh, yaitu Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur. Warga kedua daerah itu pun memilih menggunakan masker untuk mencegah efek buruk pada kesehatan.

Atas peristiwa itu, Pemerintah Aceh telah mengeluarkan himbauan kepada seluruh warga yang berdampak terhadap erupsi gubung Sinabung, agar untuk mengutani aktifitas di luar rumah, terutama daerah-daerah yang peling berdampak.

“Untuk sementara kita menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktifitas di luar rumah dan apabila ke luar rumah diharapkan untuk memakai masker,” kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif, Selasa (20/2/2018) di Banda Aceh.

Ia juga meminta supaya semua fasilitas kesehatan di kabupaten/kota supaya siap siaga selama 24 jam.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Mulyadi Nurdin mengatakan, Pemerintah Aceh juga menghimbau seluruh pihak untuk memantau perkembangan terkini terkait penyebaran abu vulkanik gunung Sinabung.

“Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf meminta semua instansi terkait agar terus memantau perkembangan di lapangan,  Pemerintah Kabupaten/ Kota juga diminta untuk pro aktif memantau, melakukan langkah antisipasi, penanganan, dan berkoordinasi dengan pihak terkait jika terjadi hal-hal yang membahayakan warga,” jelas Mulyadi Nurdin. 

Mulyadi Nurdin menyebutkan, Gubernur Irwandi Yusuf juga mengharapkan supaya Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) untuk siap siaga mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

“Sejauh ini belum ada laporan terkait kesehatan masyarakat yang terganggu akibat abu vulkanik gunung Sinabung di Aceh,” tutupnya.[acl]

-ads-

-ads-

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.