HeadlineNews

Abu Vulkanik Erupsi Gunung Sinabung Bakal Berdampak ke Aceh

Abu Vulkanik Erupsi Gunung Sinabung Bakal Berdampak ke Aceh
Gunung Sinabung meletus (ANTARA/HO)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Zakaria menjelaskan, dampak erupsi gunung Sinabung, Sumatera Utara bakal berdampak ke Provinsi Aceh.

Erupsi gunung Sinabung, Sumatera Utara terjadi Senin (10/8/2020) sekira pukul 11.17 WIB, seperti terpantau BMKG Kuala Namu dengan ketinggian kolom abu teramati lebih kurang 20 meter di atas puncak (4.460 meter di atas permukaan laut).

Debu vulkanik erupsi gunung Sinabung juga terlihat bergerak barat dan barat laut. Bila dilihat dari pergerakan atau dengan memperhatikan pergerakan debu vulkanik ini. Maka BMKG Aceh memperkirakan debu vulkanik berkemungkinan besar akan masuk kewilayahan ropinsi Aceh.

Wilayah- wilayah yang kemungkinan akan berdampak sebaran debu vulkanik antara lain. Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Aceh Selatan dan Aceh Barat Daya.

“Kepada mayarakat yang kemungkinan terpapar cemaran debu vulkanik tersebut supaya jangan banyak keluar rumah dan selalu memakai masker bila beraktivitas di luar ruangan,” pinta Zakaria.[acl]

Shares: