News

AB2TI Aceh Kecam Tindakan Kadis Pertanian

BANDA ACEH (popularitas.com) – Koordinator Asosiasi Bank Benih Teknologi Indonesia (AB2TI) Aceh, Gumarni, mengecam keras tindakan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Ir Hanan, yang melaporkan Keuchik Munirwan ke Polda Aceh terkait penyebaran bibit padi IF8 di Aceh Utara.

Gumarni menilai, seharusnya Kadistan Aceh mendukung langkah strategis Tgk. Munirwan yang telah membanggakan Aceh dengan meraih juara dua tingkat Nasional karena mempromosikan bibit IF8 untuk petani kecil. Apalagi hasilnya memuaskan hampir semua petani di Aceh Utara.

“Pelaporan Tgk Munirwan ke Polda Aceh oleh Kadistan Aceh merupakan langkah yang tidak tepat. Harusnya melihat dan memantau, apakah petani sudah dirugikan oleh bibit IF8?” Gumarni mempertanyakan.

Dia mengungkap Hanan selaku Kadistan Aceh juga ikut menghadiri panen perdana padi IF8 di Desa Meunasah Rayeuk. Saat itu, kata Gumarni, sang Kadis Hanan mengaku bangga dengan IF8. “Di depan kami beliau bilang bangga dengan IF8, kenapa sekarang Tgk. Munirwan dilaporkan ke Polda Aceh,” ujar Gumarni lagi.

Dia menilai langkah yang dilakukan Kadistanbun Aceh tersebut benar-benar aneh. Seharusnya menurut Gumarni, petani seperti Munirwan mendapat bimbingan dari pemerintah, bukannya dicobloskan dalam penjara.

“Yang kami tanyakan kepada Kadistanbun Aceh, apakah kami harus melakukan hukum rimba seperti masa konflik Aceh dulu biar Kadistan Aceh mendukung penuh keinginan petani kecil di pedesaan? Atau kadistan Aceh mundur saja dari jabatan karena yang dijalankan baik menurut masyarakat desa, tidak saudara terima,” pungkas Gumarni.*(RIL)

Shares: