News

877 Nelayan di Aceh Barat Terima BLT Rp600 Ribu/Bulan

Melaut Saat Peringatan Tsunami Aceh, Nelayan Bakal Dihukum
Ilustrasi. Kapal Nelayan. (CNBC)

MEULABOH (popularitas.com) – Sebanyak 877 nelayan di Kabupaten Aceh Barat menerima bantuan langsung tunai (BLT) yang disalurkan pemerintah sebesar Rp600 ribu per bulan atau sebesar Rp1,8 juta selama tiga bulan sejak Januari-Maret 2020, yang disalurkan pada Juli lalu.

“Alhamdulillah, bantuan ini sangat bermanfaat bagi para nelayan di tengah pandemi COVID-19 saat ini,” kata Panglima Laut Kabupaten Aceh Barat, Amiruddin di Meulaboh, Senin (10/8/2020) dilansir Antara.

Bantuan yang disalurkan melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia tersebut, kata dia, sangat dibutuhkan oleh nelayan karena saat ini. Seluruh nelayan di Aceh Barat alami gangguan ekonomi akibat pandemi.

Meski baru menerima bantuan selama tiga bulan selama tahun 2020, kata Amiruddin, masyarakat nelayan di Aceh Barat sangat bersyukur karena bantuan ini betul-betul memberikan dampak positif terhadap ekonomi nelayan.

Guna menghindari penerimaan bantuan ganda dari pemerintah, kata dia, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan sejumlah aparat desa di Aceh Barat, agar nantinya nelayan yang sudah mendapatkan dana BLT dari pemerintah pusat tidak ikut menerima dana BLT yang disalurkan melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia.

“Upaya menghindari penerima BLT ganda ini harus terus dilakukan, agar masyarakat dapat menerima bantuan sesuai dengan hak dan porsinya,” kata Amiruddin menuturkan.

Meski belum menerima penyaluran dana bantuan tahap kedua periode April, Mei dan Juni 2020, pihaknya berharap ketika bantuan ini nantinya disalurkan agar sesuai dengan data masyarakat yang belum pernah menerima BLT.

“Masyarakat nelayan di Aceh Barat sangat berterima kasih atas penyaluran BLT dari pemerintah, karena bantuan ini memang sangat diharapkan oleh masyarakat,” katanya menuturkan.[acl]

Shares: