News

Tujuh cara menghindari sambaran petir saat musim hujan

Remaja di Aceh Utara meninggal disambar petir
ilustrasi

POPULARITAS.COM – Banyak manfaat yang didapat ketika musim hujan datang. Pasalnya, air adalah sumber kehidupan yang setiap hari manusia butuhkan. Tak terkecuali bagi mereka yang tinggal di wilayah tandus dan gersang, tentunya musim hujan sangat dinantikan.

Namun di samping memiliki manfaat positif, musim hujan juga memiliki sisi negatif. Hujan lebat disertai angin dan petir tak jarang menjadi malapetaka bagi semua makhluk hidup di muka bumi ini. Salah satu hal yang paling menakutkan saat musim hujan adalah datangnya sambaran petir.

Apalagi sambaran petir dapat berakibat fatal bagi keselamatan manusia. Lantas bagaimana cara menghindari dan mengatasi sambaran petir saat musim hujan? Berikut beberapa cara dan penjelasannya, seperti dikutip dari merdeka.com;

Segera berlindung dalam ruangan

Sejauh ini cara menghindari sambaran petir yang paling efektif dengan berlindung di dalam ruangan. Apabila sedang jauh dari rumah atau gedung, carilah tempat yang memiliki sebuah ruang, seperti mobil atau bus.

Berlindung di dalam ruangan sangat penting dilakukan pada saat suara guntur terdengar. Pasalnya apabila kamu tetap di luar ruangan maka risiko terkena sambaran petir cukup tinggi.

Matikan barang elektronik

Saat guntur mulai menggelegar, segeralah matikan semua barang elektronik seperti televisi, radio dan handphone. Segala sesuatu yang dapat menghantarkan arus listrik akan sangat mudah terkena sambaran petir.

Tentu saja hal ini sangat berbahaya apabila alat-alat elektronik masih dalam keadaan hidup. Jadi lebih baik matikan sejenak daripada berisiko membahayakan diri sendiri.

Jauhi pepohonan

Saat sedang di jalan raya dan terjadi hujan yang disertai petir, segeralah mencari tempat perlindungan. Saat berteduh dan berlindung usahakan untuk menghindari pepohonan yang tinggi.

Pohon yang memiliki ukuran tinggi, sering menjadi sasaran petir untuk menyambarnya. Oleh sebab itu, apabila terpaksa harus berteduh di bawah pohon, maka pilihlah pepohonan yang memiliki ukuran paling rendah.

Menggunakan alas kaki

Cara menghindari petir selanjutnya ialah dengan menggunakan alas kaki. Biasakan untuk selalu memakai alas kaki berbahan karet saat hujan deras dan terjadi petir, selain bisa membuatmu nyaman, hal ini juga dapat menekan risiko terkena sambaran petir.

Pasalnya, tanah dan air juga merupakan sumber penghantar listrik yang mudah terkena sambaran petir. Sehingga dengan menggunakan alas kaki berbahan karet kamu akan terhindar dari bahaya terkena sambaran petir.

Jauhi gedung-gedung tinggi

Petir cenderung akan menyambar segala benda yang memiliki ketinggian, tak terkecuali bangunan-bangunan yang memiliki ukuran tinggi. Maka dari itu saat hujan turun, selalu usahakan untuk menghindari gedung-gedung yang menjulang tinggi.

Apabila hal ini tidak dihindari maka risiko terkena sambaran petir cukup tinggi. Seseorang yang terkena sambaran petir memiliki efek yang buruk untuk kesehatan, seperti kerusakan sistem syaraf, gangguan penglihatan bahkan dapat membakar hingga menghilangkan nyawa.

Jangan gunakan aksesoris logam

Cara menghindari petir lainnya yaitu dengan tidak menggunakan aksesoris logam. Logam merupakan salah satu jenis benda yang dapat menghantarkan arus listrik, sehingga saat hujan deras disertai petir lepaskan semua aksesoris yang berbahan logam.

Apabila tidak dilepas, akan sangat berbahaya. Pasalnya aksesoris logam yang terkena sambaran petir dapat memberikan efek buruk. Oleh sebab itu segera lakukan upaya pencegahan, jangan menunggu suara petir terdengar.

Jangan bergerombol

Apabila sedang dalam perjalanan bersama teman dan terjadi hujan yang disertai petir, maka usahakan jangan jalan bergerombol. Pasalnya berjalan secara bergerombol dapat memancing penyaluran energi petir.

Sehingga usahakan untuk berpencar dan menjaga jarak satu dengan yang lainnya. Dengan menjaga jarak seperti ini akan meminimalisir kamu dari bahaya terkena sambaran petir.

Shares: