Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

60 Staf Disbudpar Aceh Ikut Sosialisasi Pemadam Kebakaran

BANDA ACEH (popularitas.com) – Sedikitnya 60 peserta yang terdiri dari para security dan CS Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh mengikuti sosialisasi bertemakan Pertolongan Pertama dan Pemadam Kebakaran di Museum Tsunami Banda Aceh, Senin, 5 Agustus 2019. Tema tersebut sengaja dipilih karena dinilai penting untuk kegiatan sehari-hari para petugas di lapangan.

Sosialisasi ini dibuka oleh Sekretaris Disbudpar Aceh, Suburhan. Sementara sosialisasi diisi oleh dua narasumber, yaitu Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Pemadam Kebarakan Yudi, SH, dan perwakilan PMI Banda Aceh, Dahriani.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB tersebut terdiri dari dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan di ruang rapat Gedung Museum Tsunami Aceh hingga pukul 12.00 WIB.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan praktek lapangan. Dalam sesi ini, para staf diberikan pengetahuan terkait langkah-langkah pencegahan dini sampai tatacara pemadaman dengan menggunakan tabung pemadam serta alat pemadam tradisional.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para staf terutama yang bekerja di lingkungan pelayanan publik khususnya Museum Tsunami, Museum Aceh, dan Taman Seni Budaya akan lebih tanggap dalam menghadapi ancaman bahaya kebakaran, sekalipun tidak kita harapkan. Namun, hal semacam ini dapat terjadi kapan saja apabila tidak ditanggulangi akan menyebabkan kerugian, dengan sosialisasi ini diharapkan akan berdampak pada kenyamanan masyarakat terhadap ancaman bahaya kebakaran,” kata Koordinator Museum Tsunami, Hafnidar, yang ikut serta dalam sosialisasi tersebut.

Sementara Sekretaris Disbudpar Aceh Suburhan berharap sosialisasi lain juga dapat dilaksanakan di lingkup kerjanya sehingga dapat menambah minat serta wawasan para penyedia pelayanan publik dalam hal tanggap darurat bencana.

“Menjadi suatu hal menarik dalam sosialisasi ini, kita diajarkan menjadi petugas yang mampu melaksanakan tugas dengan tulus, terutama kepada masyarakat bahkan hal ini dapat kita teruskan kepada masyarakat guna pencegahan dini serta tanggap darurat akan pertolongan pertama dan pemadam kebakaran,” pungkas Suburhan.(***)

Shares: