KesehatanNews

6 Tips Agar Tak Mudah Sakit Saat Musim Hujan

Aceh hadapi hujan lebat disertai petir dan angin kencang
Ilustrasi. Foto: reuters

(popularitas.com) – Saat musim hujan tubuh lebih rentan terserang virus, biasanya flu atau pilek hingga masuk angin. Kalau sudah tumbang, aktivitas bisa terganggu, ijin kerja atau bahkan tidak bisa menikmati liburan.

Pastinya kita tidak ingin tumbang di musim hujan. Menjaga kesehatan menjadi sangat penting untuk menghindari terserang virus yang bertebaran di musim hujan. Daya tahan tubuh yang kuat akan membantu melindungi diri dari virus dan penyakit.

Berikut ini adalah tips agar daya tahan tubuh Anda tetap terjaga selama musim hujan, Sabtu, 28 Desember 2019:

1.Sediakan Payung atau Jas Hujan

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa orang lebih sering terkena pilek saat terkena hujan? Para peneliti menemukan bahwa saat tubuh kedinginan, terutama bagian kaki, akan rentan terserang gejala flu.

Cara agar dapat menjaga kehangatan tubuh adalah membatasi aliran darah ke kaki. Gunakanlah payung atau jas hujan jika terjebak dalam hujan.

2. Tingkatkan Vitamin C’

Vitamin C, baik dalam sumber alami atau suplemen dapat membantu mempercepat pemulihan dari serangan virus flu. Asupan sehat mengandung vitamin C dapat membantu memperkuat antibodi dan mengurangi keparahan flu. Cobalah untuk memasukan paprika, pepaya dan nanas ke dalam makanan, karena mereka sumber vitamin C yang baik.

3. Mandi Setelah Terkena Hujan

Mengapa jika kehujanan kita harus mandi? Mandi dengan air panas atau hangat, merupakan tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari kuman yang menyebabkan terjadinya infeksi di musim hujan.

4. Minum Air Hangat

Hangatkan tubuh dengan mengonsumsi minuman atau makanan hangat. Teh hijau dan coklat panas adalah pilihan yang baik. Selain itu, semangkuk sup panas juga bukan ide yang buruk untuk menghangatkan tubuh. Cara ini dapat mencegah Anda masuk angin atau infeksi lain yang terjadi karena perubahan suhu tubuh.

5. Menjaga Kebersihan Lingkungan Tetap bersih dan rapi

Pada musim hujan, orang lebih cenderung tinggal di dalam rumah dan menutup jendela agar tetap hangat. Meskipun terlihat bagus dan nyaman, penting untuk dicatat bahwa kuman lebih cenderung menyebar, sehingga kebersihan adalah kuncinya. Agar Anda tidak mudah masuk angin dan tetap bersih jagalah kebersihan lingkungan dengan cara mencuci tangan secara teratur.

6. Perhatikan Pola makan

Perhatikan pola makan dan hindari makanan yang dijual di pinggir jalan selama musim hujan. Kebersihan makanan sangat penting diperhatikan, karena bukan tidak mungkin virus atau bakteri menyebar dari makanan.

Karena itu, akan lebih baik untuk memasak makanan sendiri di rumah. Pertahankan dapur yang bersih untuk kebersihan makanan agar keluarga tetap sehat sepanjang musim hujan.

Sumber: Okz

Shares: