EkonomiNews

6.971 Hektare Sawah Terendam Banjir di Aceh Utara

POPULARITAS.COM – Sebanyak 6.971 hektare sawah milik warga tergenang banjir akibat dampak intensitas hujan tinggi melanda kawasan Aceh Utara dan sekitar sejak sepekan lalu.

Saat ini kondisi cuaca kabupaten setempat mulai cerah. Serta genangan air merendam pemukiman warga di sebagian wilayah mulai surut.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara, Syarifuddin mengatakan, dari 27 kecamatan, 16 diantaranya terhitung areal persawahan terendam banjir cukup parah.

Ia menjelaskan, luas areal sawah di kawasan tersebut terdiri dari dua kategori. Pertama masa tanam 5 sampai 20 hari, ini yang baru tanam dan 104 hari sampai 120 hari, ini tergolong masa tanam yang hendak panen.

“Jadi jumlahnya 6971 hektare, presentasenya lebih luas yang baru tanam,” katanya, Kamis, (7/12/2017).

Untuk nilai kerugian sendiri, sebut Syarifuddin, ia belum bisa mentaksir kerugian yang ditimbulkan. Pasalnya, pihaknya belum menghitung secara pasti. Sebab, masih ada areal persawahan yang tergenang air.

Kendati demikian, dari areal sawah yang terkena banjir harus mengalami kerusakan sekitar 85 persen dari total yang rusak atau puso.

“Nilai kerugian belum dihitung, nanti ada umur presentasinya seperti umur panen, kalau dihitung kerugian itu bisa dihitung ketika sudah mencapai 85 persen kerusakan,” sebutnya.

Ia menyebutkan, produktivitas sawah per hektarenya mencapai sekitar 6 ton dengan harga gabah kering Rp 5.000 per kilo. Namun, pihaknya masih belum mengitung kerugian secara pasti.

“Kita belum bisa mengambil kesimpulan berapa hektare padi yang sudah dinyatakan gagal panen. Jika ada yang puso atau gagal panen, nantin kami akan mengusulkan bantuan ke Pemerintah Pusat,” ujarnya.

ZUHRI NOVIANDI

Shares: