Ketum Ikateta Unsyiah Jadi Narasumber Pertemuan Nasional Imatetani

BANDA ACEH – Ketua Umum Ikatan Alumni Teknik Pertanian (Ikateta) Unisversitas Syiah Kuala (Unsyiah),  Habiburrahman S. TP., M. Sc menjadi pembicara pada acara Pekan Teknik Pertanian Nasional (PTPN)  ke-IX.

Habiburrahman yang menjadi narasumber pada diskusi publik tentang peran alumni Teknik Pertanian dalam pembangunan. Kegiatan PTPN ini merupakan agenda nasional yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Teknik Pertanian Indonesia (Imatetani) pada tahun ini diselenggarakan di Aceh sebagai tuan rumah.

Pada kesempatan itu, mantan Sekretaris Umum BEM FP Unsyiah memaparkan berbagai peran dan kiprah keteknikan pertanian. Mulai dari level mahasiswa hingga profesional dari kalangan alumni, terutama dalam mendorong proses modernisasi pertanian di Indonesia. 

Menurut Habib,  dalam pemerintahan sekarang,  Teknik Pertanian mempunyai posisi yang sangat strategis, apalagi Menteri Pertanian sekarang memiliki latar belakang keilmuan yang sama sebagai alumni. 

“Ini harus bisa dimanfaatkan secara positif oleh Imatetani terutama dalam mengawal arah pembangunan pertanian yang mensejahterakan petani,” jelasnya. 

Sementara itu Ketua Umum Imatetani,  Eka Nurhayati yang berasal dari Unsri menyebutkan bahwa, diskusi publik ini bertujuan untuk menginventarisir masalah yang dihadapi di daerah masing-masing peserta, lalu kemudian dicarikan solusinya. 

Acara yang berlangsung selama lima hari ini dibuka oleh Wakil Rektor I Unsyiah Dr Hizir didampingi Dekan Fakultas Pertanian Unsyiah,  Dr.  Agussabti,  Ketua Prodi  Teknik Pertanian Unsyiah,  Dr.  Ichwana dan Ketua Dewan Penasehat Ikateta Unsyiah, Dr.  Muhammad Yasar. 

Menurut Ketua Umum Himateta Unsyiah, Ahmad Gusman Mufthi  selain pertemuan Imatetani,  para peserta dari 20 PTN ini juga akan mengikuti Pertemuan Nasional Perhimpunan Teknik Pertanian Indonesia (Perteta) yang akan dibuka besok.

Agendanya mulai dari seminar nasional, kongres Perteta,  pameran teknologi,  lomba inovasi teknologi,  city tour dan fieldtrip ke Sabang. “Kami berharap acara ini berjalan lancar dan bisa memberi kenangan manis untuk seluruh peserta baik dari mahasiswa,  dosen dan profesional keteknikan pertanian seluruh Indonesia,” hara Ahmad.[acl]

SAKY 

-ads-

-ads-

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.