News

57 rumah dan empat fasilitas umum rusak akibat gempa

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) melaporkan, gempa bumi hari Senin (10/1/2022) sekitar pukul 06.59 Wit dengan magnitudo 5,5 mengakibatkan 57 rumah warga dan empat unit fasilitas umum rusak.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) melaporkan, gempa bumi hari Senin (10/1/2022) sekitar pukul 06.59 Wit dengan kekuatan 5,5 magnitudo mengakibatkan 57 rumah warga dan empat unit fasilitas umum rusak (ANTARA/Abdul Fatah)

POPULARITAS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) melaporkan, gempa bumi hari Senin (10/1/2022) sekitar pukul 06.59 WIT dengan magnitudo 5,5 mengakibatkan 57 rumah warga dan empat unit fasilitas umum rusak.

Sebanyak 57 rumah yang rusak diantaranya 34 unit rumah rusak ringan, 18 unit rumah rusak sedang, lima unit rumah rusak berat ditambah empat unit fasilitas umum, yaitu tiga rumah ibadah dan satu unit Kantor Desa Kusuri rusak ringan,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Halut, Heni Toga, dikutip dari Antara, Senin (10/1/2022).

Sedangkan untuk kerugian materiil belum bisa ditaksir karena saat ini, tim BPBD sementara melakukan pendataan di lapangan.

Untuk itu, kata Heni, saat ini, BPBD Kabupaten Halut melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan kepala desa setempat terkait korban gempa di Halut dan untuk korban yang mengalami luka-luka akibat gempa telah dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Ia menyatakan gempa dengan magnitudo 5,5
di Kabupaten Halut berdampak di sejumlah kecamatan diantaranya Kecamatan Tobelo Barat, Kao Barat seperti Desa Kusuri, Desa Wangongira, Desa Soamaetek, Desa Pitago dan Desa Kai.

Selain itu, kata Heni, saat ini BPBD Kabupaten Halut mencatat sedikitnya satu orang cedera sedang akibat patah tulang dan satu orang cedera ringan dan saat ini, BPBD telah menyiapkan tenda pengungsi dan logistik untuk kebutuhan para korban yang akan mencari tempat pengungsian dianggap aman.

Shares: