Iklan pemutihan kendaraan – Pemerintah Aceh

50 Warga Abdya yang Pulang Kampung Diminta untuk Tes Kesehatan

BANDA ACEH (popularitas.com) – Sekitar 50 orang warga Abdya yang berada di luar Aceh, diketahui saat ini mulai kembali alias pulang kampung, kembali ke Abdya.

Sebagaimana instruksi Pemerintah Aceh, jika ada warga yang dating dari luar daerah, wajib dites kesehatan, atau melakukan karantina secara mandiri selama 14 hari.

Warga Abdya yang pulang kampung itu, saat ini sedang didata oleh pihak Puskesmas masing-masing kecamatan. Agar dilakukan tes kesehatan, untuk menghindari adanya yang terpapar virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Safliati, mengatakan, mereka yang baru kembali itu sudah berapa hari dikampung, bervariasi karena hampir setiap hari ada yang pulang.

“Paling ramai kalau tidak salah pada 20 Maret 2020. Kita tidak tahu juga mereka pulang melalui jalur apa, kalau via udara pasti kami sudah menjaringnya. Sedangkan inikan tidak ada penerbangan,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Menurutnya, mereka yang kembali ke Abdya itu, ada yang merantau ke Malaysia, Lombok, Jakarta dan beberapa daerah lainnya diluar Aceh.

“Jumlah mereka warga yang kembali hingga hari ini sekitar 50-an itu yang pulang. Ada Malaysia, Lombok, Jakarta , dan beberapa daerah lainnya tidak hanya Malaysia semua. Kebayakan Jakarta ada, Malaysia ada,” kata dia.

Kini pihaknya sedang berkoordinasi dengan pihak aparatur desa, untuk memberitahu warga mana saja yang akan dikunjungi oleh petugas medis, untuk dilakukan cek kesehatan.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang baru saja dating dari daerah luar Aceh, untuk melapor ke Puskesmas. Hal ini mempermudah pihak Dinas Kesehatan Abdya memantau kondisi warga tersebut. Kini semuanya sudah diperiksa pada tahap awal.

“Hasil pemeriksaan tahap awal kondisi mereka masih baik-baik saja. Tetapi kita tidak bisa menjamin karena masa inkubasinya belum selesai,” ujarnya. (dani)

--ads Maklumat bersama Forkopimda Aceh--

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
loading...