News

50 Personel Ditlantas Polda Aceh Dites Narkoba, Ini Hasilnya

Personel Ditlantas Polda Aceh menjalani tes narkoba di Aula Serbaguna Lantai III Ditlantas Polda setempat, Senin (22/2/2021). (Istimewa)

POPULARITAS.COM – Direktorat Reserse Narkoba (Ditnarkoba) Polda Aceh melakukan tes narkoba secara mendadak terhadap 50 personel Direktorat Lalu-lintas (Ditlantas) polda setempat pada Senin (22/2/2021).

Direktur Lalu-lintas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondany mengatakan, tes narkoba itu dilakukan terhadap perwira, bintara dan ASN. Kegiatan ini dalam rangka mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan anggota polri.

“Tes narkoba kali menggunakan metode DrugWipe atau tes air liur yang keakuratannya lebih tinggi daripada menggunakan tes urine,” ujar Dicky dalam keterangannya, Senin (22/2/2021).

Dicky menjelaskan, alat tes buatan Jerman ini tergolong baru dan Ditlantas Polda Aceh termasuk instansi pertama yang menggunakan alat tersebut.

“Ada empat personel Ditnarkoba Polda Aceh melakukan tes DrugWipe ini kepada anggota Ditlantas Polda Aceh di Aula Serbaguna Lantai III Ditlantas Polda Aceh,” sebut Dicky.

Ia menjelaskan, mekanisme penggunaan DrugWipe sangat mudah, hanya menjulurkan lidah kemudian petugas mengambil sampel air liur untuk diletakkan dalam alat pengukur narkoba.

Setelah 5 menit, kata Dicky, hasil dari tes tersebut akan terlihat apakah orang tersebut menggunakan narkoba atau tidak.

Dicky mengungkapkan, hasil DrugWipe terhadap 50 personel Ditlantas Polda Aceh dinyatakan semuanya negatif. Karena itu, ia mengucapkan terima kasih kepada personel Ditlantas Polda Aceh yang tidak menyalahgunakan narkoba.

“Karena siapapun anggota Polri yang terlibat narkoba akan dipecat dan dikenakan sanksi pidana,” ucap Dicky.

Editor: dani

Shares: