NewsSyariat Islam

5 Tips Berenergi Saat Puasa di Tengah Pandemi Corona

Ilustrasi. (Foto:net)

(popularitas.com) – Saat ini masyarakat Indonesia dan sejumlah negara mayoritas Muslim melaksanakan puasa Ramadhan 1441 H. Biasanya, di hari pertama puasa tubuh akan terasa lesu, lemah, dan cepat kehilangan energi.

Tak heran hal itu bisa terjadi, karena tubuh masih beradaptasi dengan pola makan yang baru. Ya, Anda hanya makan saat sahur dan berbuka puasa.

Nah, untuk menyiasatinya, ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Dilansir dari Khaleejtimes, berikut 5 tips tetap sehat dan berenergi selama puasa, Jumat, 24 April 2020.

Pastikan tubuh tetap terhidrasi

Meski terdengar klise, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi adalah kunci agar Anda dapat menjalani puasa dengan baik. Oleh karenanya, minumlah banyak air putih pada saat makan sahur, lalu hindari makanan pedas dan asin. Bila memungkinkan, masukkan buah dan sayuran segar ke dalam menu sahur Anda.

Istirahat

Rasa lelah tak hanya disebabkan oleh padatnya aktivitas. Terlalu lama berdiam diri juga dapat memicu rasa lelah yang berlebihan. Apalagi di masa pandemi virus corona atau COVID-19. Selain berpuasa, sebagian orang masih memiliki kewajiban untuk bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH).

Mereka biasanya akan menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer untuk mengerjakan deadline. Usahakan jangan terpaku pada pekerjaan, dan ambil lah sedikit waktu untuk beristirahat. Anda bisa menyiasatinya sembari melakukan olahraga kecil seperti jalan-jalan di sekitar rumah atau mini workout (push up dan sit up).

Konsumsi kacang-kacangan dan buah kering

Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk menyuplai bahan makanan berupa kacang-kacangan dan buah kering. Bahan makanan ini diklaim sebagai sumber energi karena tinggi serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi seperti, kacang kenari, almond, kurma, hingga kismis.

Tidur Siang

Mengistirahatkan tubuh dengan tidur siang selama kurang lebih 15-20 menit juga dapat meningkatkan stamina dan energi. Tapi jangan sampai kebablasan ya Okezoners! Dikhawatirkan pekerjaan Anda malah terbengkalai, dan puasa pun menjadi makruh.

Konsumsi sup

Setelah makan yang manis-manis, kemudian dilanjutkan dengan semangkuk sup untuk menghangatkan tubuh, serta mencegah terjadinya kembung dan sembelit. Sup juga kaya akan nutrisi dan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sumber: Okezone

Shares: