News

5 Teroris yang Ditangkap di Aceh Jaringan Bom Polrestabes Medan

Polda Aceh Belum Temukan Ada Kelompok ISIS Aceh
Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy memperlihatkan barang bukti yang diamankan dari terduga teroris dalam konferensi pers di Mapolda setempat, Sabtu (23/1/2021). (Muhammad Fadhil/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Kepala Bidang Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy mengatakan, kelima terduga teroris yang ditangkap Densus 88 Anti Teror di Tanah Rencong diduga terlibat dalam jaringan bom Polrestabes Medan.

“Mereka juga terlibat dalam pembuatan bom jaringan teroris yang ditangkap di wilayah Riau,” ujar Winardy dalam konferensi pers di Mapolda Aceh, Sabtu (23/1/2021).

Winardy menjelaskan, kelima terduga teroris itu juga berencana membuat bom yang akan digunakan untuk aksi teror di wilayah Aceh. Mereka juga berencana berangkat ke Afghanistan untuk bergabung dengan kelompok Daulah ISIS.

Dalam penangkapan itu, kata Winardy, Densus 88 juga mengamankan sejumlah barang bukti yang di antaranya merupakan bahan pembuat bom, seperti 1 kilogram pupuk kalium nitrat, 250 gram The Organic Stop Actived Charcoal (Bubuk Arang Aktif), 1 botol (2000 pcs) peluru gotri silver cosmos 6mm.

Kemudian, beberapa potongan pipa besi sebagai alat pembuatan dan isi bom, serta beberapa dokumen yakni buku catatan sebagai penyampaian pesan yang berisi ancaman terhadap TNI/Polri, pemerintah pusat dan pemerintah Aceh.

“Paspor-paspor milik terduga teroris juga ditemukan untuk melaksanakan hijrah ke Khurasan, Afghanistan,” ujar Winardy.

Selain itu, kata Winardy, petugas juga mengamankan beberapa buku kajian ISIS dan tauhid serta compact disk dan falsh disk dan sejumlah handphone.

“Hp dan smartphone ini digunakan terduga teroris untuk berkomunikasi dengan jaringan dan kelompok teror,” jelas Winardy.

“Para terduga teroris saat ini masih proses pemeriksaan di Polda Aceh dan selanjutnya akan dibawa ke Mabes Polri Jakarta,” pungkas Winardy.

Sebelumnya, tim Densus 88 Anti Teror menangkap 5 terduga teroris di lokasi dan waktu berbeda. Rinciannya adalah 2 orang ditangkap di Blang Bintang, Aceh Besar pada Rabu (20/1/2021) sekira pukul 19.45 WIB.

Kemudian pada Kamis (21/1/2021) sekira pukul 10.00 WIB, Densus 88 juga mengamankan 1 terduga teroris di Simpang 7 Ulee Kareng Ulee Kareng, Banda Aceh dan pada malam harinya mengamankan 2 terduga teroris di Kota Langsa.

Editor: dani

 

Shares: