News

5 Cara Mencegah Kartu ATM Rusak

ilustrasi. (tribun)

POPULARITAS.COM – Kartu ATM yang rusak memang bisa saja diperbaiki. Namun, mencegahnya dari kerusakan tentu akan lebih baik. Berikut cara agar kartu ATM tidak rusak.

Kartu debit, atau yang biasa sering disebut sebagai kartu ATM, memberikan banyak kemudahan. Selain untuk mengambil uang yang tersimpan di rekening bank, kartu juga bisa digunakan untuk berbelanja.

Saat rusak, kartu debit tak akan berfungsi. Untuk itu, jaga-lah kartu ATM Anda dengan baik.

Banyak faktor yang membuat kartu ATM rusak. Mulai dari lipatan yang tak disengaja, kartu yang patah, hingga kerusakan pada magnetic stripe dan chip.

Mengutip laman Pocket Sense, gangguan pada magnetic stripe menjadi penyebab umum kartu ATM yang rusak. Magnetic stripe menyimpan banyak informasi nasabah pemilik kartu. Kerusakan membuat magnetic stripe tak dapat terbaca oleh sistem.

Selain itu, kerusakan pada kartu ATM juga umum disebabkan oleh gangguan pada smart chip. Seperti diketahui, beberapa jenis kartu debit (MasterCard dan Visa) dilengkapi dengan chip yang tertanam untuk menyandikan data nasabah dengan lebih aman.

Kerusakan pada chip ini umumnya disebabkan oleh goresan atau tumpahan air.

  1. Jangan dilipat

Mengutip Punch, selalu jaga kartu ATM Anda tidak terlipat. Kartu yang bengkok dapat merusak magnetic stripe atau chip yang ada di dalamnya.

Bank penerbit umumnya akan memberikan wadah tersendiri untuk kartu debit Anda. Pastikan Anda selalu menyimpannya dalam wadah tersebut sebelum dimasukkan ke dalam dompet.

Selain itu, untuk mencegah lipatan pada kartu, Anda juga disarankan untuk tidak menaruh dompet di saku celana belakang. Kebiasaan itu bisa menimbulkan risiko kartu ATM yang ada di dalam dompet jadi terlipat, bengkok, atau bahkan patah.

  1. Jangan disimpan di saku dompet yang sempit

Untuk menghindari bengkok, jangan menaruhnya di saku dompet yang terlalu sempit. Jika disimpan di tempat yang terlalu sempit, maka kartu berisiko bengkok dan patah.

Perlu adanya cukup ruang agar kartu dapat ditarik dan disimpan kembali dengan leluasa.

  1. Jangan disimpan sembarangan, jauhkan dari suhu ekstrem

Terkadang, banyak orang merasa leluasa menyimpan kartu ATM di rumah karena merasa aman. Kartu dapat disimpan di mana saja, sekali pun itu di samping microwave yang mengeluarkan suhu panas ekstrem.

Namun, Anda disarankan untuk menghindari kebiasaan tersebut. Suhu ekstrem dapat merusak kartu.

  1. Jangan disimpan dengan kartu lain

Menyimpan kartu ATM bersamaan dengan kartu lain berisiko memicu goresan. Kartu-kartu tersebut akan saling menggores satu sama lain, yang pada akhirnya akan merusak magnetic stripe atau chip pada kartu debit.

Goresan sangat rentan terjadi saat Anda hendak mengeluarkan kartu dari tempatnya.

  1. Jangan disatukan dengan koin

Kini, banyak orang menggunakan pouch kecil untuk menyimpan uang beserta kartu-kartu penting lainnya. Menyimpan uang dan kartu ATM di pouch dianggap lebih praktis karena bentuknya yang relatif lebih kecil daripada dompet.

Saat disimpan di dalam pouch, kartu ATM akan bertemu dengan uang, baik uang kertas maupun koin. Namun, menempatkan kartu ATM bersamaan dengan uang koin sangat tidak disarankan.

Sama seperti yang lainnya, koin bisa memicu goresan pada kartu yang bisa menimbulkan kerusakan.

Cara agar kartu ATM tidak rusak di atas bisa Anda ikuti demi tetap nyaman saat bertransaksi tanpa gangguan.

Sumber: CNN

Shares: