News

44.051 wisatawan berkunjung ke Temanggung selama lebaran

Sedikitnya 44.051 wisatawan berkunjung ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, selama libur Lebaran pada 29 April hingga 8 Mei 2022.
Para wisatawan menikmati pemandangan alam dari jembatan kaca di Sigandul View di Kabupaten Temanggung. ANTARA/Heru Suyitno

POPULARITAS.COM – Sedikitnya 44.051 wisatawan berkunjung ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, selama libur Lebaran pada 29 April hingga 8 Mei 2022.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung Saltiyono Atmaji di Temanggung, Selasa (10/5/2022) menyampaikan berdasarkan laporan yang masuk dari sejumlah destinasi, jumlah pengunjung selama libur Lebaran sebanyak 44.051 orang.

Ia menyebutkan objek wisata paling banyak dikunjungi di Kabupaten Temanggung, yakni Posong sebanyak 13.315 orang, Pikatan Water Park 10.770 orang, kemudian belasan objek wisata lainnya seperti Puncak Botorono, Pasar Papringan, Candi Pringapus, dan Wapit, jumlah pengunjung di bawah 4.000 orang.

Menurut dia dengan kelonggaran dari pemerintah pada Lebaran kali ini sangat berdampak pada peningkatan kunjungan wisata di Temanggung.

Ia menuturkan sebenarnya ada objek wisata baru yang cukup potensial di Kabupaten Temanggung, yakni Sigandul View tetapi jumlah pengunjung belum terpantau.

“Berdasarkan keterangan dari pengelola Sigandul View pengunjung selama libur Lebaran bisa mencapai lebih dari 1.000 orang per hari,” katanya.

Saltiyono menjelaskan Sigandul View ini menyuguhkan pemandangan alam, di situ ada jembatan kaca yang baru pertama kali di Temanggung sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Manajer Sigandul View Setiawan menyampaikan Sigandul View mengusung konsep coffee & resto yang menjadi satu dengan wisata alam.

“Ada beberapa spot yang kami sediakan di sini, yang menjadi unggulan kami adalah jembatan kaca, bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi melihat pemandangan sekitar maupun jarak jauh bisa menggunakan teropong yang ada di lantai tiga.

Khusus untuk jembatan kaca, katanya pengunjung sangat antusias karena ketika naik ke jembatan kaca ada sensasi tersendiri. Bagi anak-anak, Sigandul View juga ada taman kelinci dan taman koi di bagian bawah. (ANT)

Shares: