News

424 KK di Aceh Utara masih bertahan di pengungsian

Banjir di Kabupaten Aceh Utara sudah mulai surut sejak kemarin, namun 424 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Baktiya masih bertahan di pengungsian karena rumah masih digenangi air.
Ilustrasi, banjir yang merendam rumah warga di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Selasa (18/1/2022). (ANTARA/HO-BPBD Pidie Jaya)

POPULARITAS.COM – Banjir di Kabupaten Aceh Utara sudah mulai surut sejak kemarin, namun 424 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Baktiya masih bertahan di pengungsian karena rumah masih digenangi air.

Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Hamdani mengatakan, di kecamatan tersebut ada 13 desa masih tergenang banjir, di wilayah itu ketinggian air 10 sampai 50 centimeter.

“Data sementara 424 KK di Kecamatan Baktiya masih bertahan di tiga titik pengungsian atau meunasah, mereka belum kembali ke rumah karena di sejumlah titik dataran rendah halaman rumah warga masih tergenang,” kata Hamdani, kepada Popularitas.com, Selasa (1/3/2022).

Sementara luas sawah yang tergenang di kecamatan setempat mencapai 500 hektare, terancam gagal panen.

Sebelumnya diberitakan, Banjir yang terjadi di Kabupaten Aceh Utara berangsur surut. Data terkini, Senin (28/2/2022), hanya terdapat lima kecamatan yang masih terendam banjir, dari sebelumnya mencapai tujuh kecamatan.

Pemicu banjir melanda kawasan itu disebabkan hujan deras sepanjang dua hari terakhir mengakibatkan Krueng (sungai) Keureuto dan Krueng Peutoe, Aceh Utara meluap ke pemukiman warga.

Lima kecamatan tersebut yakni, Lhoksukon, Baktiya, Baktiya Barat, Matangkuli dan Pirak Timu. Sementara Kecamatan  Tanah Luas dan Langkahan sudah surut.

Shares: