News

400 fotografer se-Aceh silaturahmi di Pidie

Sejumlah fotografer Aceh di bawah payung Aceh Photo Club menggelar hajatan bertajuk Silaturahmi Akbar Fotografer Aceh (SAFA 2022). Kegiatan yang dihelat di Sigli, Kabupaten Pidie, tersebut diikuti oleh 400 fotografer dari seluruh Aceh.
400 fotografer se-Aceh silaturahmi di Pidie
Sebanyak 400 fotografer Aceh, berkumpul di Pidie untuk menjalin silaturahmi. Acara tersebut digelar, Sabtu (19/3/2022). FOTO : SAFA

POPULARITAS.COM – Sejumlah fotografer Aceh di bawah payung Aceh Photo Club menggelar hajatan bertajuk Silaturahmi Akbar Fotografer Aceh (SAFA 2022). Kegiatan yang dihelat di Sigli, Kabupaten Pidie, tersebut diikuti oleh 400 fotografer dari seluruh Aceh.

“Alhamdulillah Pidie Photography Community (PPC) dipercaya menjadi tuan rumah, dan alhamdulillah acara berlangsung sukses dan lancar. Acara dibuka oleh Wakil Bupati Pidie, Fadlullah,” kata Ketua Panitia SAFA 2022, Fachrurrazi (Razi Pelangi), Sabtu, 19 Maret 2022.

Semua pecinta fotografi tanpa memandang merk kamera, DSLR, pocket, smartphone, analog maupun hp, dan latar belakang ikut bersama-sama berkumpul di acara ini. “Dengan satu tujuan, fotografi,” ujar Razi Pelangi.

Di kegiatan tersebut para pecinta fotografi diajak berkenalan antara satu sama lain. mereka juga diajak berbagi pengalaman, bertukar ide, berbagi rencana dalam sebuah suasana akrab dan santai. “Namun penuh visi,” katanya.

Silaturahmi Akbar Fotografer Aceh (SAFA) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan di kabupaten/kota, yang mendapatkan giliran tongkat estafet SAFA. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh fotografer yang ada di Aceh.

Silaturahmi Akbar Fotografer Aceh (SAFA) tahun 2022 ini merupakan agenda tahunan yang ke-8 dan diselenggarakan pada Sabtu, 19 Maret 2022, di Waterpark Sigli, Kabupaten Pidie, Aceh.

Rozi Pamella, selaku Koordinator Aceh Photo Club (APC) menyampaikan sejarah singkat SAFA di Aceh. Dia mengatakan kegiatan ini setiap tahunnya diikuti oleh ratusan fotografer seluruh Aceh. Lokasi acara juga sering berpindah-pindah. “Daerah mana yang mendapakatkan tongkat estafet itu, di situ kita buat acaranya bersama dengan komunitas yang ada di daerah tersebut.”

Menurut Rozi, kegiatan SAFA berawal di tahun 2012 di Kota Banda Aceh. Awalnya kegiatan ini diberi nama Hunting Akbar Fotografer Aceh (HAFA). Namun di tahun 2015, kegiatan HAFA ini berganti nama menjadi Silaturahmi Akbar Fotografer Aceh (SAFA). 

“Tahun 2016, tahun pertama kegiatan SAFA diselenggarakan di luar kota Banda Aceh, yaitu di Aceh Tamiang bersama dengan teman-teman komunitas @royall_official yang menjadi tuan rumah penyelenggara kegiatan tersebut, dan dihadiri sebanyak 285 orang peserta. Kemudian di tahun 2018, kembali dilaksanakan di Kota Banda Aceh karena ada daerah yang belum siap untuk menerima tongkat estafet SAFA tersebut,” ungkap Rozi.

Tahun 2019, kata dia, kegiatan SAFA ini kembali dilaksanakan di luar kota Banda Aceh, tepatnya di  Bireuen. Saat itu, teman-teman komunitas @phobiacommunity yang menjadi tuan rumah penyelenggara kegiatan. Sementara jumlah peserta yang hadir lebih dari 500 orang. 

“Di tahun 2022 ini, tongkat estafet kegiatan SAFA diserahkan kepada fotografer Pidie yaitu @ppc_aceh sebagai pelaksana sekaligus tuan rumah kegiatan SAFA ke-8. Semoga kekompakan seluruh fotografer yang ada di Aceh selalu terjaga, saling menghormati dan saling menghargai,” katanya.

Sementara itu, Irul selaku Ketua PPC  mengucapkan ribuan terima kasih kepada Aceh Photo Club (APC), Panitia, sponsor, model, Makeup Artist (MUA), Media Partner, komunitas fotografer dan seluruh fotografer yang ada di Aceh.

Shares: