News

4 Ucapan Maulid Nabi Muhammad Tahun 2020, Pilih yang Mana?

Kubah masjid terlihat dari dalam

POPULARITAS.COM – Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini jatuh pada Kamis (29/10/2020). Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dilakukan untuk selalu mengingat Nabi terakhir yang diutus oleh Allah SWT ke dunia.

Dosen Komunikasi dan Direktur Pusat Pengkajian Komunikasi dan Media (P2KM) Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Deden Mauli Darajat mengatakan, ucapan yang paling baik dalam menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW adalah dengan bershalawat.

“Bershalawat dan mengajak orang-orang untuk bershalawat. Dengan banyak bershalawat, kita berharap dapat mencintai Rasulullah SAW,” tutur Deden, Rabu (28/10/2020).

Deden mengatakan, adanya Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan peringatan bagi Muslim untuk selalu mencontoh Nabi Muhammad SAW dalam segala aspek.

Ajakan bershalawat

Dalam memberi ucapan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Deden menyarankan sebaiknya ucapan mengandung ajakan untuk bershalawat kapan pun dan di mana pun.

Salah satu ucapan yang bisa diberikan kepada orang yang sedang merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah “Selamat merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, jangan lupa untuk bershalawat kapan pun dan di mana pun.” Deden melanjutkan, dalam Al-Quran disebutkan bahwa Allah SWT dan para malaikat bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

“Karena itulah Allah SWT mewajibkan kepada orang yang beriman untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW,” ungkap Deden.

“Dan disebutkan pula dalam ajaran Islam bahwa orang yang paling pelit di dunia ini adalah orang yang tidak mau bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW,” imbuhnya.

Jika masih bingung untuk memilih kalimat ucapan Selamat Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, berikut empat ucapan:

  1. Engkau adalah pelita hidup. Engkau membawa kebenaran, membimbing kami menuju jalan yang lurus dan karenamu kami beriman kepada Allah SWT.
  2. Engkau adalah pelita dan penawar lara di bumi yang gelap ini. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepadamu, wahai Baginda Rasulku.
  3. Terima kasih ya Allah, Engkau telah mengutus kekasih-Mu Nabi Muhammad SAW. Beliau penyempurna akhlak kami, beliau menjadi rahmat bagi alam.
  4. Today, Rasulullah SAW was born. He’s our last prophet, our role, our guide, and helper to Jannah.

Sumber: kompas

Shares: