KesehatanNews

Empat penyakit yang mengancam kesehatan jika sering bertukar sikat gigi

POPULARITAS.COM – Sikat gigi termasuk benda pribadi yang seharusnya tak kamu pinjam-pinjamkan atau bagi dengan orang lain. Alasannya? Selain karena tidak higienis sebab bisa saja kamu membagi kuman di tubuhmu pada orang lain.

Kebiasaan bertukar sikat gigi juga mampu menimbulkan penyakit membahayakan berikut ini, seperti dikutip dari merdeka.com;

Penyakit gusi

Sering bertukar sikat gigi, bisa menyebabkan penularan bakteri seperti streptococcus yang membuatmu berisiko terkena penyakit gusi, sariawan, hingga pendarahan di dalam mulut.

Herpes oral

Kebiasaan berbagi sikat gigi dengan orang lain juga mampu menyebarkan virus herpes simpleks, dari orang lain yang penderitanya. Akibatnya, kamu bisa mengalami herpes oral.

Hepatitis

Menurut penelitian tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of viral hepatitis, penyakit hepatitis C bisa ditularkan melalui berbagi sikat gigi. Hepatitis akan ditandai dengan hilangnya nafsu makan, mual, dan sakit kuning.

Mononukleosis

Disebabkan oleh virus Epstein-Barr (EBV), mononucleosis sangat menular. Dan penularannya bisa menyebar melalui air liur dan darah. Gejalanya meliputi sakit kepala, mual, hingga demam.

Meski terlihat sederhana, ternyata kebiasaan bertukar sikat gigi mampu menyebarkan penyakit berbahaya di atas. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan buruk ini ya.

Shares: