News

4 Fokus Iqbal Usai Dilantik Jadi Kakanwil Kemenag Aceh

BANDA ACEH (popularitas.com) – Menteri Agama RI Fachrul Razi mengukuhkan Iqbal sebagai Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Jumat, 10 Juli 2020. Usai dilantik, Iqbal mengaku akan membenahi sejumlah hal di Kanwil Kemenag Aceh.

“Yang pertama ada beberapa hal ke depan yang akan kita lakukan yang pertama peningkatan dan pembenahan administrasi termasuk kepegawaian dan sebagainya,” ujar Iqbal kepada wartawan.

Sementara yang kedua, Iqbal akan membenahi soal pembinaan keagamaan dan kerukunan umat beragama di Aceh. Ia menginginkan kegamaan di Tanah Rencong sesuai dengan visi misi Menteri Agama Fachrul Razi.

“Kita menginginkan sesuai dengan visi menteri agama untuk mewujudkan masyarakat Aceh yang Islami dan berakhlakul karimah,” jelasnya.

Selain itu, Iqbal juga akan membenahi bidang ibadah haji, zakat dan wakaf. Sehingga, informasi maupun pelaksanaan tentang tiga hal tersebut dapat terlaksana dengan baik.

“Kemudian keempat peningkatan pendidikan madrasah termasuk peningkatan kompentensi guru dan lembaga pendidikan madrasah itu sendiri,” kata dia.

Terkait dengan informasi kekosongan di sejumlah KUA di Aceh, Iqbal mengaku akan mengecek kembali apakah benar atau tidak. Jika benar, maka pihaknya akan membenahinya.

“Kemudian menyangkut pungli kita juga harus kroscek ke lapangan. Belum tentu pungli itu dilakukan oleh kepala KUA bisa jadi pengambilan itu oleh masyarakat oleh aparat gampong bisa jadi mengatasnamakan kepala KUA,” tutur dia.

“Kalau pun nanti KUA yang melakukan pasti nanti akan dilakukan pembinaan bahkan kalau terbukti ada konsekuensi yang diberikan,” pungkas Iqbal.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Agama RI Fachrul Razi melantik Iqbal sebagai Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Aceh. Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin, Jakarta dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Iqbal sebelumnya tercatat sebagai Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Ia terpilih sebagai orang nomor satu di Kanwil Kemenag Aceh setelah menyisihkan sejumlah calon lainnya dalam proses seleksi.

Selain Kakanwil Kemenag Aceh, Fachrul Razi juga mengukuhkan 19 pejabat lainnya di lingkungan Kemenag RI, salah satunya Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dalam pelantikan ini, sebanyak 12 pejabat hadir secara langsung. Sementara 8 pejabat lainnya mengikuti prosesi pelantikan secara daring (dalam jaringan), termasuk Kakanwil Kemenag Aceh, Iqbal.

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: