News

4 Dokter Spesialis di RS Tgk Chik Ditiro Positif Corona

15 Dokter Masih Isolasi Mandiri di Aceh
Ilustrasi. Foto klildokter.com

PIDIE (popularitas.com) – Empat tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tgk Chik Ditiro, Sigli, Kabupaten Pidie, dilaporkan positif terpapar COVID-19.

Tenaga medis tersebut diketahui positif COVID-19, berdasarkan hasil uji swab dengan tes cepat  Polymerase Chain Reaction (PCR) laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh yang diterima pihak RS Tgk Chik Ditiro pada Selasa 11 Agustus 2020.

Keempatnya merupakan dokter spesialis di RSU Sigli tersebut. Tiganya diantaranya diketahui pernah merawat pasien positif COVID-19 berupa EU, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pidie, EU yang sudah meninggal dunia pada 7 Agustus 2020.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli, dr Dwi Widjaya menyebutkan, satu staf medis lainnya yang juga positif COVID-19, diketahui tidak memiliki kontak dengan Kepala Disdukcapil Pidie.

“Itu tiga tenaga medis yang merawat kepala Disdukcapil, sedangkan satu tenaga medis lainnya terinfeksi dari luar rumah sakit,” kata dr Dwi saat dikonfirmasi popularitas.com, Rabu 12 Agustus 2020.

Sebelumnya, pasca meninggalnya Kepala Dinas Disdukcapil Pidie, pada Jumat 7 Agustus 2020, pihak RSUD Tgk Chik Ditiro langsung melakukan tracing terhadap 38 tenaga medis yang pernah kontak dengan Almarhum.

Hasil tracing, tiga tenaga medis tersebut diketahui memiliki riwayat kontak erat dengan Kadis kependudukan, sehingga spesimen lendir hidung dan tenggerokan dokter diperiksa di Laboratorium Fakulas Kedokteran Unsyiah Banda Aceh, sisanya di Balitbangkes Aceh.

Reporter: Nurzahri

Shares: