KesehatanNews

4 Cara Mudah Redakan Sakit Tenggorokan di Musim Hujan

Ilustrasi.

(popularitas.com) – Musim hujan telah tiba, artinya bersiap untuk menghadapi beberapa penyakit yang mengintai. Salah satu penyakit yang biasa menyerang di musim hujan adalah flu. Gejala penyakit ini disertai dengan hidung berlendir, tenggorokan gatal, kering, dan nyeri. Sakit tenggorokan memberikan ketidaknyamanan.

Saat sakit tenggorokan, seseorang bisa jadi malas untuk makan lantaran kesulitan menelan. Belum lagi saat batuk, rasa sakitnya bisa bertambah. Oleh karenanya, tak heran bila sebagian besar orang yang terkena sakit tenggorokan langsung mencoba berbagai upaya untuk menyembuhkannya.

Akan tetapi, sekira 70% sakit tenggorokan tidak bisa disembuhkan dengan mudah karena disebabkan oleh virus. Beruntung ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri sakit tenggorokan.

inilah 4 cara mudah yang bisa dilakukan:

  1. Minum

Cairan membantu menjaga kelembapan lendir. Oleh karenanya minum banyak bisa menjadi ide bagus untuk meredakan nyeri sakit tenggorokan. Jenis minuman yang paling baik adalah air mineral. Namun teh juga bisa menjadi alternatif. Usahakan teh jangan terlalu panas. Sebab suhu tinggi dapat mengiritasi selaput lendir yang memperburuk keadaan. Berhati-hati pula dengan teh peppermint atau teh lain yang diseduh karena dapat mengiritasi selaput lendir.

  1. Mengisap permen

Banyak permen yang dijual di pasaran untuk membantu melegakan tenggorokan. Mengisap satu butir permen saja akan melapisi tenggorokan dan mengurangi rasa sakit tenggorokan.

  1. Udara segar

Saat terserang flu dan mengalami sakit tenggorokan yang parah, seseorang cenderung berbaring di tempat tidur sepanjang hari. Alasannya karena merasa lemas dan tidak nyaman untuk beraktivitas. Tapi sebenarnya, pilihan yang lebih baik adalah berjalan-jalan sebentar di siang hari.

Tindakan ini menjadi penting karena mendapatkan udara segar dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Berdiam diri di rumah dengan udara terbatas malah bisa sering mengeringkan lendir, meningkatkan kerentanan terhadap virus, dan memperparah gejala. Saat mencari udara segar, tidak disarankan untuk jogging atau olahraga lain sampai merasa lebih baik.

  1. Bantuan medis

Jika rasa sakit tenggorokan terlalu kuat, cobalah meminum obat penghilang rasa sakit standar. Tetapi jika gejala bertahan lebih dari enam hari, mengalami demam, atau sulit bernapas, harus segera pergi ke dokter untuk mendapatkan bantuan medis lebih lanjut.

Sumber: Okezone

Shares: