News

4.396 Peserta CPNS Kemdikbudristek Ujian di USK

Sejumlah peserta mengikuti seleksi CPNS di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2021 di Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) Universitas Syiah Kuala, Senin (4/10/2021). (Istimewa)

POPULARITAS.COM – Sebanyak 4.396 peserta yang  terdaftar untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) tahun 2021 mulai mengikuti ujian, dari tanggal 4-15 Oktober 2021 di Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) Universitas Syiah Kuala.

Berdasarkan informasi pada laman Kemdikbudristek, 4.396 peserta tersebut akan mengikuti ujian pada sesi yang telah ditentukan. Di mana setiap harinya, ada empat sesi ujian. Sementara untuk hari Jumat dan Sabtu hanya ada dua sesi.

Kepada peserta ujian, Rektor USK Prof Samsul Rizal, menyampaikan selamat dan memotivasi peserta untuk bersungguh-sungguh mengerjakan soal ujian nantinya. Keberhasilan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), harus menjadi jalan untuk pengabdian bagi negara.

Dia juga menegaskan, bahwa semua proses ujian ini dilaksanakan dengan sistem yang sangat baik oleh Badan Kepegawai Nasional (BKN), sehingga tidak ada peluang untuk melakukan kecurangan.  Karena itulah, Rektor mengingatkan para peserta untuk tidak mempercayai siapapun yang menjanjikan mereka untuk lulus.

“Selamat mengikuti ujian, yakinlah pada kemampuan anda sendiri. Karena tidak ada siapapun yang mampu menolong anda, selain kuasa Allah dan diri anda sendiri. Mudah-mudahan anda lulus dan menjadi ASN yang berintegritas,” katanya dalam keterangan, Senin (4/10/2021).

Watin selaku Auditor BKN Pusat mengatakan, secara keseluruhan panitia sudah sangat siap untuk melaksanakan ujian di CPNS kali ini. Fasilitas yang dimiliki USK juga sangat mendukung kelancaran proses seleksi ASN tersebut.

Untuk formasi umum, ungkap Watin,  nilai ambang batas atau passing grade tes pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2021 ditetapkan sebesar 65 untuk TWK, 80 untuk TIU, dan 166 untuk TKP.  Nilai tersebut harus menjadi perhatian bagi setiap peserta CPNS Kemdikbudristek, karena merupakan syarat penting untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Sementara itu, USK selaku panitia lokal CPNS 2021 mengingatkan kepada para peserta CPNS yang akan mengikuti ujian pada hari selanjutnya untuk memperhatikan beberapa hal berikut.

Pertama, peserta diimbau untuk membawa pensil sendiri. Kedua, peserta diminta untuk membawa sarung tangan medis.

Ketiga, Surat deklarasi sehat harus sudah di-update paling lambat 14 hari terakhir sebelum jadwal ujian. Selanjutnya, peserta untuk tidak lupa mengambil barang titipan setelah ujian usai.

Editor: dani

Shares: